Liga Spanyol

Ironi Real Madrid Di La Liga

real madridJarak yang memisahkan antara Real Madrid dengan Barcelona di tabel klasemen La Liga Spanyol musim 2017-2018 semakin lebar. Sekarang El Real terpaut 10 poin dari sang rival abadi.

Kian lebarnya jarak angka itu disebabkan hasil seri tanpa gol yang mereka raih ketika melawan Atletico Madrid, Minggu (19/11/2017). Pasalnya di hari yang sama Barcelona mencukur Leganes tiga gol tanpa balas.

Memang benar secara matematis tim arahan Zinedine Zidane masih memiliki kasn mengejar dan menyalip poin Barcelona. Pasalnya masih tersisa 78 angka maksimal dalam 26 pertandingan sisa. Akan tetapi sepanjang sejarah la Liga belum ada tim yang mampu juara usai terpaut 10 angka dari pemimpin klasemen.

Yang terjadi dalam tubuh Madrid sekarang ini amat kontras daripada musim lalu. Kala itu Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan membukukan 10 kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah dalam 12 partai awal dengan koleksi nilai 31. Sedangkan musim ini dalam periode yang sama, mereka sudah dua kali menderita kekalahan dan tiga seri.

Meski begitu Zinedine Zidane selaku pelatih berusaha tetap tenang menghadapi situasi ini. Ia meyakini Barcelona bakal tersandung suatu saat nanti. “Kami harus bersabar, kami berada di trek yang benar. Pasti Barca bakal kehilangan angka dan kami terus melanjutkan tugas kami, itu saja,” ucapnya.

Anjloknya performa El Real sepanjang musim ini seiring dengan minimnya produktivitas gol Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Mereka berdua baru mencetak sebiji gol saja dalam delapan pertandingan di La Liga Spanyol. Angka itu beda jauh ketimbang musim lalu pada periode yang sama, mereka menorehkan 12 gol.

Apabila dikalkulasi, total Ronaldo dan Benzema saat ini tak lebih baik ketimbang rekrutan anyar Barcelona, Paulinho. Pemain yang diboyong dari Guangzhou Evergrande itu malah sudah mencetak empat gol.

Tapi kembali lagi Zidane tak ambil pusing. “Mereka semua tamil bagus, bukan hanya Ronaldo. Kami menciptakan banyak peluang mencetak gol akan tetapi hanya kurang beruntung,” tutur Zidane.