Liga Spanyol

Imbang Lagi, Performa Barca Menurun?

BarcaUntuk kali kedua secara berturut-turut, Barcelona ditahan imbang di ajang La Liga. Di tambah kekalahan pertama pada pertengahan bulan Januari lalu, apakah ini tanda-tanda The Catalans mulai menurun?

Dinihari tadi Barcelona hanya bisa bermain imbang 0 – 0 saat berhadapan dengan Getafe. Ada catatan buruk dibuat Barca karena inilah untuk kali pertama di La Liga 2017/2018 mereka mengakhiri pertandingan tanpa mencetak gol.

Hal lainnya, ini adalah kali kedua secara berturut-turut Los Cules pulang dengan tangan hampa di ajang La Liga. Pekan lalu Lionel Messi dan rekan-rekannya juga terhadang dalam upayanya meraih poin maksimal ketika dihadang Espanyol 1-1.

Bluaragan memang masih aman di puncak klasemen dan belum terkalahkan di La Liga. Namun selisih mereka dengan Atletico Madrid terpangkas menjadi 7 poin saja, jumlah yang masih bisa dikejar. Haruskah Barca mulai waspada?

Sepanjang 12 pertandingan yang dijalani Barcelona pada tahun 2018, mereka sudah tiga kali imbang (Celta Vigo, Espanyol, dan Getafe). Bahkan kekalahan pertama Barcelona musim ini datang Januari lalu, saat kalah tipis 0-1 dari Espanyol di Copa del Rey.

Namun, apakah performa tim raksasa Catalan ini benar-benar tengah menurun?

Jika dibandingkan dengan 12 pertandingan terakhir di 2017, Barcelona sebenarnya meraih hasil yang relatif sama. Tim asuhan Ernesto tercatat bermain imbang empat kali, yakni melawn Olympiakos (0-0), Juventus (0 – 0), Valencia (1 – 1), dan Celta (2 – 2). Sementara delapan sisanya berakhir dengan kemenangan.

Tahun ini Barcelona sudah membuat 26 gol di seluruh ajang kompetitif, sama dengan jumlah yang mereka peroleh pada 12 pertandingan terakhir di 2017. Di tahun ini Barcelona sudah bobol 6 kali, berbanding lima gol yang masuk ke gawang mereka pada 12 pertandingan terakhir tahun 2017.