Berita Sepak Bola

Hungaria Sukses Jungkalkan Tuan Rumah Norwegia

Hungaria Sukses Jungkalkan Tuan Rumah Norwegia
Hungaria Sukses Jungkalkan Tuan Rumah Norwegia

Perjuangan untuk meraih empat tiket sisa Euro 2016 telah dimulai. Delapan Negara yang menempati urutan ketiga di masing-masing babak kualifikasi grup akan saling berhadapan. Kedelapan Negara tersebut adalah Hungaria, Ukraina, Norwegia, Denmark, Swedia, Republik Irlandia, Bosnia Herzegovina dan Slovenia.

Satu pertandingan play off telah dilangsungkan tadi malam, yaitu pertandingan leg pertama antara tuan rumah Norwegia melawan tamunya Hungaria. Di pertandingan leg pertama tersebut, Hungaria berhasil mencuri kemenangan atas tuan rumah Norwegia dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Hungaria dicetak oleh Laszlo Kleinheiser di menit ke-26 babak pertama. Kemenangan tersebut menjadi modal berharga Hungaria yang akan berganti menjadi tuan rumah pada hari Senin (16/11) mendatang.

Pertandingan sendiri lebih didominasi oleh tuan rumah Norwegia sejak peluit pertandingan mulai dibunyikan. Pelatih Norwegia, Per Mathias Hogmo menurunkan formasi 4-4-2. Hogmo menurunkan duet penyerang andalan mereka, yaitu pemain AZ Alkmar Markus Henriksen dan juga pemain Rosenberg, Alexander Soderlund. Namun Norwegia kecolongan lebih dulu lewat gol dari pemain Puskas FC, Laszlo Kleinheiser, di menit ke-26. Gol tersebut membuat Norwegia sangat bernafsu mengejar ketinggalan. Tapi skor 1-0 untuk keunggulan Hungaria bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, kendali permainan masih dipegang oleh tuan rumah. Beberapa kali pemain Norwegia mengancam gawang Hungaria yang dijaga oleh Gabor Kiraly. Namun mantan penjaga gawang Fulham tersebut masih mampu menahan gempuran para pemain depan Norwegia. Statistik menunjukkan, Norwegia berhasil membuat 7 tembakan mengarah ke gawang dan total 16 hadiah tendangan penjuru. Namun semua peluang yang didapatkan gagal dikonversi menjadi gol.

Sementara itu, barisan pertahanan Hungaria yang dijaga oleh duet Attila Fiola dan Tamas kadar tampil sangat disiplin.  Pertahanan Hungaria memang sangat solid dan tangguh pada pertandingan tersebut. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 1-0 untuk keunggulan Hungaria tetap tidak berubah. Dengan hasil ini Hungaria berada di atas angin dan hanya butuh hasil seri di leg kedua untuk bisa melaju ke babak utama Euro 2016 Perancis. Sedangkan Norwegia harus menang dengan selisih dua gol jika ingin melaju mulus ke Perancis.