Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Granada CF Dipastikan Menyusul Osasuna Tinggalkan La Liga Musim Depan

Setelah Osasuna mengalami degradasi dari La Liga musim 2016-2017, kini diketahui bahwa ada tim lain yang kurang beruntung menjalani kompetisi bergengsi kasta tertinggi dari Liga Spanyol. Mereka adalah Granada CF.

Memang kompetisi musim ini belum sepenuhnya berakhir, namun dengan perhitungan probabilitas yang akurat dapat diketahui tim mana yang akan dipastikan tak akan bermain lagi di La Liga musim depan. Apalagi pertandingan yang tersisa sudah tinggal empat kali lagi, maka dengan mudah memprediksi dengan menghitung jumlah poin yang ada.

Osasuna memiliki 18 poin minggu lalu dan tak kuasa menghadapi Barcelona dengan skor telak 7-1. Dengan hasil tersebut maka poinnya berjumlah sama dengan minggu ini dan seandainya mereka menang sekalipun di empat pertandingan yang tersisa, poin mereka hanya bisa menyamai zona aman klasemen diperingkat 17 yang saat ini diduduki oleh Leganes.

Masalahnya selisih gol masuk dan gol kemasukan, Leganes tetap unggul dan berarti apapun yang terjadi Osasuna tak mungkin melanjutkan kompertisi La Liga musim depan.

Hal yang sama terjadi oleh Granada. Kemarin pada pukul 18.00 WIB, mereka kalah tipis saat mengunjungi markas Real Sociedad di Estadio Anoeta dengan skor 2-1. Hal ini membuat mereka harus mengucapkan selamat tinggal kepada La Liga di musim berikutnya.

Poin yang mereka peroleh diputaran ke 35 setelah menghadapi peringkat ketujuh klasemen tadi, berjumlah 20 poin. Padahal zona aman yang dimiliki Leganes belum bertambah karena mereka baru akan menghadapi Elbar besok malam WIB.

Seandainya Leganes kalah pun, mereka masih memiliki 30 poin. Ini artinya apapun hasil pertandingan mereka nanti, akan tetap membuat Granada CF terdegradasi ke Segunda Division Liga Spanyol. Padahal mereka sudah mampu bertahan di kompetisi ini selama enam musim belakangan.

Kini yang beradad di zona degradasi hanya Sporting Gijon yang memiliki selisih 4 poin dengan Granada dan 6 poin dengan Leganes. Gijon pun sebenarnya masih memiliki kesempatan keluar menuju zona aman seandainya di tiga pertandingan tersisa mampu meraih poin penuh dan berharap Leganes ataupun peringkat diatasnya yang diisi oleh Deportivo La Courna selalu kalah dipertandingan berikutnya.