Klasik

Gol Indah Dari Si Jenius Dennis Bergkamp

dennis bergkampPada 2 Maret 2002 (15 tahun lalu) di Stadion Saint James’ Park, tercipta sebuah gol indah dari kaki penyerang Arsenal kala itu, Dennis Bergkamp. Gol itu juga dianggap sebagai salah satu lesakan terbaik yang pernah dibuat oleh seorang pemain Arsenal.

Banyak cerita ketika kita membicarakan soal gol terbaik yang pernah hadir di Premier League. Walaupun sudah tidak terhitung lagi berapa banyak gol indah yang pernah terjadi, ada beberapa di antaranya yang masih menjadi buah bibir hingga saat ini.

Salah satu yang bisa diingat adalah gol indah dari Dennis Bergkamp pada menit ke-11 ke gawang Newcastle United pada pekan ke-28 Premier League 2001/2002. Gol itu juga menjadi pembuka kemenangan 2 – 0 The Gunners pada laga tersebut.

Kala itu, Bergkamp menerima umpan biasa dari Robert Pires. Namun, umpan yang sebenarnya bisa diantisipasi oleh pemain bertahan Newcastle United itu berhasil dimaksimalkan menjadi sebuah gol oleh pemain asal Belanda itu hanya dengan dua sentuhan.

Berada di belakang bek Newcastle, Nikos Dabizas, Dennis Bergkamp mengeluarkan teknik tingkat tingginya dengan sedikit sentuhan dengan kaki kirinya untuk membuat bola berjalan di sisi kanan lawan. Bergkamp memainkan bolanya itu sambil memutar badan dan akhirnya berhasil membobol gawang The Magpies. Satu gol The Gunners lainnya dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Sol Campbell pada menit ke-41.

“Sembilan meter sebelum bola datang, saya tiba-tiba punya ide untuk memutar badan melewati bek lawan. Saya pikir bola operan Pires agak berada di belakang saya, jadi saya harus berputar untuk bisa tetap menguasai bola,” kata Dennis Bergkamp.

“Setelah itu, saya hanya berusaha mengarahkan bola ke sudut yang tidak terjangkau oleh kiper. Bagi saya, gol tersebut merupakan salah satu yang paling penting sepanjang karier saya,” tutur Dennis Bergkamp.

Gol Dennis Bergkamp ini langsung mendapatkan hujan pujian. Banyak media-media yang menyebut jika gol ini hanya bisa diciptakan oleh sosok jenius seperti Dennis Bergkamp.

Bukti bahwa momen tersebut akan selalu diingat, khususnya oleh pendukung Arsenal, adalah terpilihnya gol tersebut sebagai yang terbaik di era Premier League oleh para Gooners pada 28 Mei 2010 atau delapan setelah gol itu dibuat.

Mau tau bagaimana kejeniusan seorang Dennis Bergkamp? Simak video di bawah ini: