Serba Serbi

Gelapkan Pajak, Ronaldo Bisa Dipenjara 5 Tahun?

Cristiano RonaldoKasus penggelapan pajak sepertinya sedang akrab dengan pemain-pemain bintang dunia. Tidak hanya menyeret Lionel Messi, Pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga dilaporkan melakukan hal serupa selama berkarier di Spanyol.

Ronaldo dituduh melakukan penggelapan pajak senilai jutaan Euro pada tahun 2011 hingga 2013. Laporan nominalnya masih belum jelas, tapi kabarnya pajak yang tidak dibayarkan oleh Cristiano Ronaldo mencapai 8 sampai 15 juta euro. Mantan pemain Manchester United itu diduga menggelapkan pajak terkait pendapatannya dari image rights.

Ada dua dugaan dari pejabat di Kementerian Keuangan Spanyol (GESTHA) kasus soal kasus tersebut. Pertama adalah Ronaldo tidak membayarkan tunggakan pajak dari pendapatannya selama berkarier di Spanyol. Yang kedua adalah persoalan ini terjadi karena ada masalah administrasi saja. Kasus ini sementara masih diselidiki oleh kejaksaan kota Madrid.

Tapi, laporan terbaru dari harian Spanyol, Marca menyebutkan, GESTHA lebih condong membenarkan klaim yang menyatakan Ronaldo melakukan penggelapan pajak. GESTHA juga mengklaim pelanggaran yang dilakukan Ronaldo bersifat kriminal lantaran per tahunnya pendapatan yang digelapkan lebih dari 600 ribu euro.

Selain itu, GESTHA menyarankan hukuman yang bisa dijatuhkan kepada Cristiano Ronaldo adalah berupa hukuman penjara selama dua hingga enam tahun, di mana Ronaldo terancam dijatuhi sanksi berupa 5 tahun penjara.

Akan tetapi, GESTHA juga mengakui bahwa pemain berjuluk CR7 itu bisa memperoleh hukuman yang lebih ringan jika yang bersangkutan mengakui kesalahannya serta bersedia membayar kekurangan pajaknya.

Sebelumnya, Lionel Messi juga terjerat kasus penggelapan pajak. Messi divonis hukuman 21 bulan penjara karena mengemplang pajak pajak sebesar 4,1 juta poundsterling (Rp62 miliar). Penyerang andalan Barcelona itu akhirnya tidak perlu masuk penjara karena ini adalah pelanggaran pertamanya.

Kasus ini bisa mengganggu fokus Cristiano Ronaldo yang akan membantu Real Madrid menghadapi Juventus di partai final Liga Champions pada 4 Juni 2017 mendatang. Sebelumnya Cristiano Ronaldo sudah berhasil mengantarkan Real Madrid menjuarai La Liga usai mengalahkan Malaga di pekan terakhir La Liga 2016/2017.