Liga Spanyol

Gelandang Terbaik Yang Pernah Dimiliki Real Madrid

Real MadridReal Madrid selalu diperkuat oleh para pemain terbaik dari seluruh dunia. Nama-nama pemain kelas dunia tidak pernah absen mengisi komposisi formasi dari klub peraih juara 11 kali Liga Champions tersebut.

Di antara para pemain kelas dunia yang pernah memperkuat Real Madrid, tiga gelandang ini bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Kontribusi mereka untuk El Real sudah tidak perlu ditanya lagi.

Mereka telah mempersembahkan bermacam-macam gelar untuk Los Galacticos. Malah, ada yang sampai kini perannya tidak tergantikan oleh gelandang lain. Inilah tiga gelandang terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid:

1. Zinedine Zidane
Zinedine Zidane
Zinedine Zidane merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah memperkuat Real Madrid.

Dibeli dari Juventus dengan harga 46 juta poundsterling di musim panas 2001, Zidane dinobatkan sebagai pemain termahal di dunia saat itu.

Harga itu sebanding dengan kontribusinya untuk El Real. Sebelum pensiun pada 2006, Zidane telah mempersembahkan enam trofi untuk Madrid. Selama berseragam Los Blancos, salah satu gol ikonik yang pernah dicetaknya adalah gol tendangan voli ke gawang Bayer Leverkusen di Final Liga Champions 2001/2002.

2. Claude Makelele
Claude Makalele
Dalam urusan permainan, Makelele memang tidak ada di level yang sama dengan Zinedine Zidane. Makelele bukan permain yang punya gocekan aduhai, ia juga bukan tipe pemain yang bisa mengatur irama permainan.

Namun bukan berarti Makelele pemain yang jelek. Sebaliknya, peran Makelele cukup krusial buat Real Madrid.

Semasa masih memperkuat El Real, Makelele adalah gelandang yang bertugas memblok pergerakan lawan. Saking krusialnya peran Makalele, Zinedine Zidane pernah mengecam Madrid saat melepas Makelele ke Chelsea.

3. Toni Kroos
Toni Kroos
Real Madrid beruntung memiliki Toni Kroos karena dia merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini.

Kroos dibeli Madrid dari Bayern Muenchen pada musim 2015/2016. Gelandang tim nasional Jerman ini diberkahi akurasi operan yang luar biasa.

Pada setiap pertandinganya, Kroos selalu mencetak rata-rata akurasi operan sebesar 88 persen. Tak mengeherankan jika Zidane yang kini berperan sebagai pelatih Real Madrid memberinya kepercayaan untuk menempati satu posisi di tim utama.