Berita Sepak Bola Liga Jerman

Gantikan Kiper Utama Bayern, Sven Ulreich Mulai Bersinar

Sven Ulreich, Bayern Munich, Manuel Neuer
Sven Ulreich Bayern Munich

Setelah mengalami penantian yang panjang, Sven Ulreich akhirnya tampil kepermukaan setelah penjaga gawang utama Bayern Manuel Neuer mengalami cedera. Ia pun mulai terlihat perkembangannya selama  tak dimainkan walaupun mengunggu sekian lama.

Mantan kiper dari Stuttgart tersebut sempat menghadapi Bayer Leverkusen pada putaran pertama musim ini, namun turun ke bangku cadangan lagi untuk tiga pertandingan berikutnya setelah Neuer kembali pulih dari cedera. Namun cedera baru pada pemain bernomor punggung 1 itu, telah membuatnya absen lagi dan diprediksi sampai liburan musim dingin mendatang. Hal ini membuat Ulreich kembali menjadi pusat perhatian dan dia tidak melewatkan satu menit laga sejak putaran kelima.

Jika dilihat lebih kebelakang, Ia bermain hanya enam pertandingan di Bundesliga selama dua tahun, dan transisi itu tidak mudah terutama diklub sebelumnya ia sering diturunkan.

“Anda bisa melakukan semua latihan yang Anda inginkan tapi itu tidak bisa menggantikan permainan dalam pertandingan,” Ulreich mengatakan kepada situs resmi Bayern. “Anda perlu beberapa waktu untuk mengikuti ritme Anda.”

Itu sangat terlihat jelas pada putaran keenam, dimana Bayern menyia-nyiakan keunggulan dua gol  saat menghadapi Wolfsburg yang membuat hasi akhir 2-2, “Itu tidak bagus dan sangat mengganggu saya,” katanya.

Dia juga tidak tenang di pertandingan klub berikutnya, dimana Ia menelan kekalahan 3-0 saat mengunjungi markas Paris Saint Germain di Champions League, tapi ini adalah bukti kemampuan kiper dan kepercayaan diri bahwa dia telah melewati kebimbangannya dan mengatakan. “Saya sudah banyak berkembang di waktuku di sini,” katanya pada fcbayern.com. “Bayern tidak akan menandatangani kiper buruk sebagai back-up untuk Manu.”

Pertunjukan berikutnya telah membuktikannya dengan benar dan dia mencatat empat cleen sheet dalam delapan pertandingan berikutnya di semua kompetisi. Ulreich juga menjadi pahlawan saat Bayern maju ke 16 besar DFB cup, menyelamatkan penalti dari striker RB Leipzig Timo Werner dan membantu tim Jupp Heynckes melalui adu penalti.

Pertunjukan yang memperkuat kepercayaan tersebut menempatkan fondasi bagi penampilan pemenang pertandingan lainnya, dimana Ia bermain di Der Klassiker menuju Borussia Dortmund di putaran kesebelas. Bayern unggul 3-1 untuk memimpin enam poin di atas rival mereka saat itu.

“Dortmund memiliki tiga peluang bagus untuk mencetak gol namun Sven bereaksi dengan luar biasa,” kata Heynckes setelah itu, mengingat penyelamatan satu lawan satu yang mengesankan melawan Pierre-Emerick Aubameyang dan Andrey Yarmolenko pada saat-saat penting.

“Sven benar-benar hebat dan tampil dalam performa kelas atas,” gumam direktur olahraga Bayern Hasan Salihamidzic. “Dia punya permainan yang hebat, saya kagum.”

Dan meskipun Neuer diharapkan untuk kembali berlatih pada bulan Januari dan mendapatkan kembali tempatnya di sisi Bayern, Ulreich menyimpan ambisinya sendiri: “Saya bahagia semuanya berjalan dengan baik sekarang dan saya berharap hal itu tetap seperti itu dalam waktu dekat. ”

Jika dia bisa terus berada dalam tekanan yang sama antara sekarang dan pertandingan terakhir Bayern tahun ini, dan pertarungan terakhir DFB Cup dengan Dortmund pada 20 Desember mendatang, dia akan membuktikan bahwa dia lebih dari mampu menahan pertahanan sang juara bertahan.