Piala Dunia

Fakta Menarik Islandia, Negara Kecil Yang Lolos Ke Piala Dunia 2018

timnas islandiaIslandia, sebuah negara kecil yang berada di Eropa Utara ini mencatatkan sejarah fantastis. Untuk kali pertama, negara dengan jumlah penduduk 332.529 jiwa atau tak lebih dari 0,3 persen penduduk Indonesia tersebut melangkah ke putaran final di Rusia tahun 2018 nanti.

Beberapa fakta menarik Islandia kami rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/10), mungkin bisa menjadi pelajaran untuk Indonesia agar segera berbenah supaya mampu berbicara banyak di kancah internasional.

1. Tahun 2012 silam Islandia cuma sebuah tim semenjana di Eropa. Mereka tidak ada apa-apanya di persaingan persepak bolaan Eropa. Kendati bukan tim yang sering dijebol lawan, Islandia tak pernah sukses.

2. Pada 2014 mereka bangkit dan nyaris melaju ke Piala Dunia 2014 Brasil. Dikomandoi pemain Everton Gylfi Sigurdsson, timnas Islandia mulai menunjukkan taji. Mereka menempati peringkat dua kualifikasi grup dan bersua Kroasia di babak Play off. Akan tetapi merea kalah agregat 0-2.

3. Tim dengan julukan Strakarnir Okkar tersebut melaju ke Piala Eropa 2016. Tidak tanggung-tanggung, mereka mampu menundukkan Inggris dan melangkah jauh sampai 8 besar sebelum disingkirkan tuan rumah Prancis.

4. Kelolosan Islandia ke kompetisi paling elite sejagat raya mencetak sejarah manis. Mereka tercatat merupakan negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia. Islandia mendepak Trinidad & Tobago sebagai negara terkecil dunia yang lolos Piala Dunia.

5. Kedalaman skuat Islandia rupanya unik. 0,1 persen pria Islandia dalam rentang usia 22-34 tahun bakal pergi ke Rusia musim panas tahun depan. Bukan sebagai turis maupun suporter, kini mereka turut ambil bagian