Piala Eropa

Euro 2000 Jadi Kenangan Manis Thierry Henry

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pemain seperti Thierry Henry, yah pastinya sebagian pecinta sepakbola dunia mengenal nama ini. Henry terkenal sebagai pemain terbaik di era modern sampai sekarang ini. Terbukti sejak bergabung bersama Arsenal, Henry berhasil menjadi pemain yang paling ditakuti oleh pemain lawan.

Euro 2000 Jadi Kenangan Manis Thierry Henry

Kecepatan serta visi dia bermain membuat Henry semakin kuat dalam menjalani setiap laga di level domestik maupun Eropa. Lantas predikat sebagai salah satu penyerang terbaik dunia pantas ditunjukan kepada sosok Henry.

Tercatat dalam buku sejarah sebagai salah satu penyerang terbaik dunia, bakat Henry sudah terlihat sejak usia dini. Lahir di Les Ulis, sebuah daerah sub urban di Paris, Prancis bakatnya berhasil di pantau oleh klub Ligue 1, AS Monaco pada tahun 1994 saat usianya masih berusia 17 tahun. Bersama Monaco, dia semakin mengembangkan bakatnya sehingga mendapat gelar sebagai pemain muda terbaik Prancis pada tahun 1996/97.

Atas pencapaian luar biasa Henry selama berseragam Monaco, pelatih Timnas Prancis pada saat itu, Aime Jacquet memberi kesempatan kepada Henry untuk masuk ke dalam Timnas Senior Prancis. Dia mendapatkan debutnya pada tahun 1997 dan dia masuk kedalam 23 pemain yang di bawa Aime Jacquet pada Piala Dunia 1998. Meski mencetak tiga gol selama Piala Dunia 1998, dia tidak mendapat perhatian yang cukup karena dia hanya menjadi pemain ‘pelapis’ di Piala Dunia 1998.

Sampai di penghujung tahun itu, Henry memutuskan untuk pindah ke negeri Italia bersama Juventus pada tahun 1999 yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan karirnya, di Timnas Prancis. Namun hasilnya tidak cukup baik, karena Henry ditempatkan sebagai Winger, selama tahun 1999 dia tidak sekalipun mendapat panggilan Timnas Prancis pada kualifikasi Euro 2000.

Adapun kepindahannya ke Arsenal 6 bulan setelahnya sukses membangkitkan karirnya di Timnas Prancis, di mana pelatih Timnas Prancis yang baru, Roger Lemerre memanggilnya kembali untuk masuk ke dalam Timnas Prancis dalam putaran final Euro 2000.

Meski tidak tampil menawan pada Piala Dunia 98, Henry berhasil menunjukan permainan terbaiknya ketika terpilih sebagai pemain inti timnas Prancis dalam ajang Euro 2000. Disini peran Henry sangat terlihat dan terbukti keberadaan Henry didalam skuat tim sangat berpengaruh besar dalam kesuksesan tim berjuluk Ayam Jantan tersebut meraih gelar juara Euro 2000.

Sukses menjuarai Euro 2000, karir Henry bersama timnas Prancis semakin bersinar dari waktu ke waktu. Sampai sejauh ini nama Hnery masih tercatat sebagai pemilik caps kedua terbanyak sepanjang masa untuk Timnas Prancis dengan 123 penampilan. Bukan itu saja, dalam catatan buku sejarah Prancis nama Henry juga berada dalam top scorer sepanjang masa dengan mengumpulkan 51 gol bagi timnas Prancis.