Liga Inggris

Dikabarkan Dibeli Facebook, Tottenham Membantah

tottenham-hotspurTottenham Hotspur dikabarkan sedang diminati oleh perusahaan jejaring sosial, Facebook. Namun kabar tersebut buru-buru dibantah oleh pihak The Lilywhites yang menegaskan bahwa saat ini tidak sedang terjadi proses akuisisi.

Media asal Inggris, The Sunday Times melaporkan jika perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sedang berusaha untuk membeli klub raksasa Premier League ini. Uang senilai 1 miliar poundsterling atau setara Rp 17 triliun akan digelontorkan untuk membeli Tottenham.

Tottenham Hotspur disebutkan sedang mencari dana segar untuk membantu pembiayaan pembangunan stadion baru. Pihak manajemen The Lilywhites mengkonfirmasi bahwa memang akan ada suntikan dana baru dari investor asal Amerika Serikat. Dana itu bukan berasal dari Facebook, namun grup perbankan.

“Pihak manajemen klub tidak sedang melakukan negosiasi apapun dengan pihak manapun termasuk Facebook yang berhubungan dengan pengambilalihan klub,” kata pernyataan resmi Tottenham Hotspur seperti dilansir dari harian Sky Sports.

“Pihak klub sedang berbicara dengan keluarga Rothschild untuk mendapatkan dana yang digunakan untuk pembangunan stadion baru. Seperti yang sudah diharapkan, ada banyak proposal datang termasuk pinjaman bank dan yang berbentuk investasi.”

“Manajemen klub sudah mengumumkan bahwa pada 31 Mei 2017 lalu, sudah diselesaikan soal pembiayaan utang untuk stadion baru dengan konsorsium bank yang melibatkan Bank of America Merrill Lynch International Limited, Goldman Sachs Bank USA, dan HSBC Bank plc.”

“Pihak manajemen klub yakin bahwa ini merupakan solusi terbaik untuk kebaikan bagi seluruh suporter, pegawai, dan serta pemegang saham, dan digunakan untuk mengembangkan klub secara berkelanjutan.”

Tottenham Hotspur sedang membangun stadion baru yang berkapasitas sebanyak 56 ribu bangku penonton. Kandang baru mereka diperkirakan akan selesai pada tahun 2018 nanti. Untuk sementara, The Lilywhites akan memakai stadion Wembley sebagai kandang.