Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Didesak Mundur, Muncul Petisi Lengserkan Bartomeu Sebagai Presiden Barca

Josep Maria BartomeuKeberadaan Josep Maria Bartomeu sebagai Presiden di Barcelona saat ini sedang diguncang. Beberapa hari lalu beredar petisi yang memintanya untuk lengser, di mana mantan Presiden Barca, Juan Laporta ikut membubuhkan tanda tangan.

Posisi Josep Maria Bartomeu sebagai orang nomor satu di Barca sedang digoyang. Hal itu merupakan imbas dari aktivitas buruk yang dilakukan oleh raksasa Catalan tersebut pada bursa tansfer musim panas ini.

Setelah gagal mempertahankan Neymar yang dibeli Paris Saint-Germain awal bulan Agustus silam, Barca juga dinilai tidak mampu mendatangkan pengganti yang sesuai. Beberapa hari lalu Neymar pun mengungkapkan kebobrokan manajemen Barca dibawah kepemimpinan Bartomeu. Para Cules (sebutan untuk suporter Barcelona) langsung membuat petisi.

Beberapa hari lalu dibuat sebuah petisi yang dibuat oleh Agusti Benedito dengan hashtag #VotedeCensura2017 yang artinya meminta pemungutan suara ulang tahun ini. Singkat kata, ini merupakan suatu cara yang dilakukan untuk memaksa Bartomeu mundur dari jabatannya. Petisi tersebut baru bisa berjalan apabila ada 16.570 anggota memberikan tanda tangan.

Untuk itu, Benedito berencana menjaring tanda tangan lagi ketika Barcelona berhadapan dengan Juventus dalam pertandingan Liga Champions, hari Rabu (13 September 2017) dini hari WIB.

Dikutip dari harian Football-Espana, Laporta merupakan salah satu satu dari sekian banyak orang yang menandatangani petisi itu. Seperti diketahui, Laporta merupakan mantan presiden Barca pada periode 2003 hingga 2010.

Hal itu diketahui dari cuitannya di media sosial Twitter. “Sebagai penduduk Catalan, saya merupakan orang ke-15.142 yang tanda tangan di #VotedeCensura2017. Klub ini milik kita bersama,” bunyi cuitan Juan Laporta di akun twitter @JoanLaportaFCB.

Seperti diketahui, era kepemimpinan Laporta adalah era dimana Barca mendatangkan Ronaldinho dan mengorbitkan sang mega bintang, Lionel Messi. Pada eranya juga, Barca ditangani Josep Guardiola yang langsung menyumbang enam trofi di musim pertamanya.

Pada pemilihan yang dilakukan tahun 2015 silam, Juan Laporta kalah dari Josep Maria Bartomeu saat kembali mencalonkan diri menjadi presiden klub. Ketika itu Bartomeu langsung membuktikan diri layak menjadi Presiden Barca dengan mengantar Messi dan rekan-rekannya meraih treble keduanya.