Berita Sepak Bola Serba Serbi

Di anggap Berpengaruh, Legenda United Ini Raih Piala PFA Merit

Salah satu mantan bintang sepakbola dunia dan Manchester United, yakni David Beckham mendapatkan piala PFA Merit Award atas kinerjanya dalam perkembangan dunia sepak bola timnas Inggris. Beckham menjadi legenda MU selanjutnya, setelah Ryan Giggs, yang sudah diberi penghargaan tersebut di tahun 2016 lalu.

David Beckham memiliki catatan sebagai pemain yang kedua terbanyak bermain bersama Timnas Inggris, yakni sebanyak 115 laga, selisih satu laga dari kapten Manchester United, Wayne Rooney. Ia juga bermain di Piala Dunia, sebanyak tiga kali, yakni tahun 1998, 2002, dan 2006 silam.

Berasal dari Leytonstone di kawasan London timur, Beckham menjadi pemain MU saat berumur 16 tahun. Teman seperjuangan bintang sepakbola dunia, yakni Ryan Giggs, Gary dan Philip Neville, Scholes, hingga Nicky Butt. Beckham lalu menjadi salah satu pemain tim inti dan menciptakan gol menawan kontra Wimbledon di Agustus 1996 lalu.

Beckham kemudian berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik PFA pada tahun 1997. Kemampuan terbaiknya yakni umpan jitu dan sepakan bebasnya yang sangat memberikan pengaruh pada klub dan negaranya.

Dengan MU, Beckham mendapatkan enam gelar Liga Inggris yakni musim 1996 dan 2003. Ia juga menjadi tim inti saat MU menang treble winners di musim 1999, yaitu Liga Inggris, Piala FA, dan juga Liga Champions.

Akan tetapi, kerjasama Beckham dan sang pelatih MU saat itu, Sir Alex Ferguson tidak bertahan lama. Ia kemudian pindah ke Real Madrid di 2003. Di musim 2007, ia lalu bergabung ke Los Angeles Galaxy, Amerika Serikat. Beckham sempat selama dua musim bermain di AC Milan dan Paris Saint-Germain sebelum gantung sepatu di tahun 2013 lalu.

Bersama timnas Inggris, Beckham pernah mengalami pengalaman buruk di laga 16 besar Piala Dunia 1998. Pasalnya, dia dinilai sebagai biang kerok kalahnya timnas setelah mendapat kartu merah, kontra Argentina dengan hasil seri 2-2.

Empat tahun berselang, Beckham kembali dielukan sebagai bintang lapangan. Sepakannya di gawang Yunani dengan hasil sama, 2-2 menjadikan Inggris melaju ke babak final Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Masuk ke babak final, Beckham balas dendam kala berhadapan dengan Argentina dengan gol keberhasilan di babak grup. Walau, Inggris kalah lawan Brasil di perempat final.

David Beckham memang menjadi bintang sepakbola dunia dalam generasi emas Timnas Inggris. Walau begitu, tim ini tidak pernah mendapatkan gelar juara.