Klasik

Deretan Penjaga Gawang Terbaik Dunia

Penjaga gawang merupakan salah satu peran dalam sepakbola yang bertugas mengamankan gawang agar tidak kebobolan gol. Tidak harus menjadi seorang penjaga gawang terbaik dunia karena memang sudah pekerjaan utamanya untuk mempertahankan tim yang dia pegang.

Sebenarnya tugas dari seorang penjaga gawang (kiper) sangatlah berat. Sebab, dia akan menjadi tembok pertahanan terakhir dalam sebuah tim ketika bertanding sepakbola. Seorang yang mendapat julukan sebagai kiper terbaik di dunia serta berkualitas tentu mempunyai kemampuan, gerak refleks yang spontan cepat dan bagus.

Berikut ini terangkum 5 penjaga gawang terhebat sepanjang masa dari sekian banyak penjaga gawang terbaik di dunia:

1.Claudio Taffarel (Brasil)
Taffarel
Cláudio André Mergen Taffarel atau Claudio Taffarel masuk ke dalam daftar penjaga gawang terbaik karena banyaknya gelar yang diraihnya ketika memperkuat tim nasional Brasil.

Bersamanya, Brasil meraih memenangkan Piala DUnia 1994 dan runner up di tahun 1998 ketika dikalahkan Perancis 0 – 3. Gelar juara untuk Copa America juga berhasil dia dapatkan untuk Brasil di tahun 1989 serta 1997. Dengan tinggi badannya sekitar 1,83 meter, penjaga gawang yang lahir pada 8 Mei 1966 ini sangat disegani di zamannya.

2. Dino Zoff (Itali)
Dino Zoff
Untuk sebagian besar suporter Juventus, sosok Dino Zoff merupakan sosok the Italian Legend. Dengan tinggi sekitar 1,82 meter, dia masih mampu bermain saat sudah berumur 41 tahun untuk klub dan tim nasional Italia. Bersamanya, Juventus memenangkan 6 kali di Serie A serta juara Piala Dunia sebanyak 1 kali untuk Italia. Tidak heran jika namanya masuk dalam salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa.

3. Gianluigi Buffon (Italia)
Buffon
Gianluigi Buffon pernah menyaber penghargaan sebagai kiper terbaik di dunia sepanjang masa abad 21 dari International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). Hal ini berkat skill kemampuan yang dimiliki Buffon sebagai penjaga gawang yang tidak terbantahkan lagi.

Tim nasional Italia pernah dibawanya menjuarai Piala Dunia 2006. Hebatnya, sepanjang pertandingan di semua turnamen, ia hanya kemasukan sebanyak dua gol! Satu dari penalti Zinadine Zidane, yang kedua dari gol Zaccardo rekan satu timnya (gol bunuh diri).

4. Peter Boleslaw Schmeichel (Denmark)
peter schmeichel
Peter Boleslaw Schmeichel atau Peter Schmeichel adalah salah satu seorang penjaga gawang terbaik dunia karena karir Peter yang fantastis dan gemilang. Didukung tinggi badan setinggi 1,91 meter, pria yang lahir pada 18 November 1963 ini pernah mengantarkan Manchester United memperoleh treble winner di tahun 1997 sampai 1998.

Sementara di level tim nasional, Peter Schmeichel juga berkontribusi atas perolehan Piala Eropa di tahun 1992. Peter Schmeichel juga menyabet gelar penjaga gawang terhebat dunia sebanyak 4x (1992, 1993, 1997 dan 1999).

5. Edwin van der Sar (Belanda)
Van de Sar
Penjaga gawang yang meraih berbagai kesuksesan bersama Manchester United ini memang memiliki kemampuan jempolan. Dengan tinggi badan yang hampir 2 meter (1,97 meter), Van Der Sar bahkan masih sanggup bermain di umur 40 tahun pada periode 2010 sampai 2011.

Bersama rekan satu timnya Ryan Giggs dan Paul Scholes yang sama-sama sudah berusia dia atas 30 tahun, Van Der Sar membawa The Red Devils meraih berbagai macam gelar kala itu.