Liga Inggris

Demi Liga Europa, United Diharap Kesampingkan Piala FA

Manchester United
Manchester United

Manchester United diminta lebih mementingkan Liga Europa sebagai bidikan utama mereka. Pasalnya turnamen itu menanjikan tempat di Liga Champions.

United telah mengantongi satu gelar musim ini usai memenangi kompetisi Piala Liga Inggris beberapa waktu lalu. Mereka menjadi satu-satunya tim Eropa yang punya kans meraih empat trofi musim ini.

Walau begitu bisa dibilang kesempatan MU untuk merengkuh quadruple winner terbilang amat kecil. Di Premier League saja, mereka belum beranjak di peringkat enam klasemen dan terpaut 16 angka dari Chelsea.

Kompetisi masih tersisa 12 pertandingan lagi bagi ‘Setan Merah’ namun kesempatan untuk menggusur Chelsea terlihat sangat berat. Sedangkan di Piala FA, mereka juga harus melawan The Blues di perempatfinal, Selasa (14/3/2017) dinihari WIB besok.

Piala FA adalah salah satu ajang yang diburu United mengingat mereka berstatus sang juara bertahan. Kendati demikian, ada baiknya anak asuh Jose MOurinho itu mengalihkan konsentrasinya ke Liga Europa saja.

Alasannya adalah turnamen itu menjanjikan tempat di fase grup Liga Champions untuk tim juara, sedangkan united masih punya kendala besar sekarang ini di papan klasemen dengan gap tiga angka dari Liverpool.

“Segalanya bergantung pada prioritas Mourinho. Piala FA harusnya dikorbankan oleh MU karena mereka harus berusaha keras untuk bisa lolos ke Liga Champions,” ujar eks pemain MU, Gary Neville, kepada Omnisport.

“Tentunya cara ada dua yaitu lewat Liga Europa dan Premier League,” sambungnya.

“Bakal menjadi tantangan mental yang berat hari Senin nanti. Mungkin saja untuk sekarang ini, mereka bisa mengorbankan itu supaya nanti tidak dipusingkan lagi oleh ketatnya jadwal,” tutup Neville.

Apabila MU sukses melangkah ke final Piala FA lagi, maka mereka akan tampil di akhir Mei. Sedangkan di pentas Liga Europa, The Red Devils masih harus menjalani leg kedua babak 16 besar Kamis besok usai berimbang 1-1 di kandang Rostov.