Liga Italia

Del Piero Komentari Rencana Pensiun Totti

Legenda Juventus dan tim nasional Italia, Alessandro Del Piero yakin bahwa apapun yang menanti Francesco Totti di depan, tidak mengubah statusnya di kota Roma. Totti akan selalu menjadi sosok yang paling diidolakan di Ibukota Italia.

Teka-teki tentang masa depan Totti sudah mendapat jawaban pada Rabu (3 Mei 2017) waktu setempat. Direktur Olahraga anyar Roma, Ramon Rodriguez Verdejo atau yang biasa dikenal dengan Monchi, menyebut bahwa musim ini akan jadi akhir perjalanan 24 tahun Totti bersama I Giallorossi.

Monchi melanjutkan, setelah gantung sepatu Totti tidak akan pergi jauh dari Roma. Pihak klub sudah menyiapkan sebuah jabatan baru bagi pria berusia 40 tahun itu. Totti ditawari jabatan untuk menjadi direktur I Lupi.

Berhenti bermain untuk Roma, yang mana adalah tim sejak kecil dan satu-satunya tim yang dibela sepanjang karier, tentu saja sangat berat untuk Totti. Namun Del Piero ingin mantan rekannya di tim nasional Italia itu bisa mengakhiri karier dengan senyum lebar.

“Fransesco Totti akan selalu ada di mata dan hati dari publik Roma sebagai simbol mereka, dia dulu adalah Pangeran Roma, dan sekarang menjadi Raja Roma terlepas dari keputusannya tentang masa depannya,” kata Del Piero seperti yang dikutip dari Football Italia.

“Saya harap dia mengakhiri kariernya sebagai pemain sepakbola dengan senyuman lebar dan dengan perpisahan yang pantas dengan apa yang telah dilakukannya dan diberikannya ke Roma; sebagai teman, mantan rekan tim nasional Italia, serta penggemar sepakbola.”

Selama berseragam AS Roma, Totti mempersembahkan satu Scudetto, dua trofi Coppa Italia, serta dua gelar Piala Super Italia. Di level internasional dia mempersembahkan trofi Piala Dunia pada 2006 untuk Italia, yang diperolehanya bersama Del Piero.

Totti sendiri sudah berhasil mencetak 307 gol dari 783 laga bersama I Giallorossi di seluruh ajang kompetitif. Dia juga pernah menyabet berbagai gelar individu, di antaranya pemain terbaik Serie A pada 2000 dan 2003, serta meraih sepatu emas Eropa pada 2006/2007.