Berita Sepak Bola Bola Dunia

Debut Islandia di Piala Dunia

Islandia meneruskan sejarah mereka di dunia sepakbola. Usai tahun kemain menjadi perempatfinalis Piala Eropa, Islandia pastikan bakal debut di Piala Dunia.

Kepastian tersebut diraih usai Islandia pastikan kelolosan menuju putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Berhadapan dengan Kosovo pada hari Selasa (10/10/2017) dinihari WIB pada laga terakhir kualifikasi Grup I di Laugardalsvöllur, Islandia menangkan laga dengan skor 2-0.

2 cetak angka itu dipersembahkan oleh Gylfi Sigurdsson pada menit 40 dan Johann Gudmundsson pada menit 68. 2 cetak angka ini telah cukup untuk pertahankan tiket lolos langsung ke babak final Piala Dunia tahun berikutnya.

Tim yang dibesut oleh Heimir Hallgrimsson tersebut telah tuntaskan kualifikasi sebagai juara Grup I dengan nilai 22 lewat 10 laga. Mereka unggul 2 poin dari Kroasia yang finis di urutan 2.

Berhasil meloloskan diri ke Rusia tahun depan baka jadi catatan baru dalam sejarah persepakbolaan Islandia. Hal tersebut bakal menjadi performa perdana mereka di ajang Piala Dunia, meneruskan kecemerlangan mereka ketika tahun lalu melaju ke babak perempatfinal ajang Piala Eropa.

Sedangkan pada pertandingan lainnya Kroasia pastikan tiket play-off setelah tundukkan Ukraina dengan skor 2-0 di Olympic Stadium. Menuju laga ini, Kroasia dan Ukraina catatkan poin yang sama yaitu 17 dan miliki kesempatan paling tidak menuju play-off. Kroasia dalam keadaan yang lebih baik sebab mereka berhasil unggul dari cetak angka.

Kedua tim berselisih sengit pada babak pertama dan tidak ada angka yang tercetak. Pada babak kedua, tepatnya pada menit 62, Kroasia pecahkan kebuntuan lewat tandukan dari Andrej Kramaric manfaatkan umpan dari Luka Modric.

Kramaric lalu gandakan keunggulan timnya selang 8 menit setelah teruskan umpan Ivan Rakitic. Skor tidak berubah kembali hingga pertandingan berakhir. Dengan mengumpulkan 3 poin ini, Kroasia finis di urutan 2 di Grup I dengan poin mencapai 20.

3 poin tambahan tersebut pun penting dalam perselisihan jadi 8 tim runner-up paling oke lewat 9 grup kualifikasi. Kroasia terdaftar dalam 8 tim itu dengan poin 14 lewat 8 laga.

Klasemen ini memang cuma hitung 8 pertandingan, tidak mengutamakan hasil melawan para tim juru kunci. Sejumlah hasil di pertandingan terakhir kualifikasi bikin Slovakia sekarang ini menjadi tim yang paling berpeluang untuk tersingkir dari babak play-off. Mereka perlu menanti hasil Yunani dan Bosnia Herzegovina di Grup H untuk pastikan nasibnya.

Kalau Bosnia menang sedangkan Yunani seri atau kalah, maka Slovakia bakal gantikan posisi Yunani di play-off dan kesempatan untuk ke putaran final masih hidup. Di lain sisi, Bosnia bakal terus tergusur walau menggusur Yunani dari posisi runner-up Grup H, sebab hanya menempati posisi 9 klasemen play-off. Tetapi kalau Yunani menang atau raih hasil apapun sementara Bosnia tidak menang di pertandingan terakhir, maka Slovakia sudah pasti tergusur.