Berita Sepak Bola Liga Italia

De Laurentiis: Akan Lebih Baik Serie A Diikuti 16 Tim

Aurelio De Laurentiis baru saja menyampaikan pendapat terkait kompetisi Serie A Italia, dimana presiden Napoli tersebut ingin liga terbaik Italia itu diikuti oleh 16 tim dengan satu tim yang akan terdegradasi.

Untuk sementara ini dan berjangkan sangat panjang, Serie A masih diikuti oleh 20 tim. Sebelumnya sempat ada perubahan peningkatan ketika Serie A dimusim 2004, diisi oleh 18 peserta. Dan sampai sekarang 20 tim menjadi format yang akan berlangsung lama karena sudah berstandar Eropa.

“Pada tahun 1986, Saya melihat ada 16 tim dan itu sangat menarik,” bukti kenangan De Laurentiis.

De Laurentiis mengakui akan ada perubahan dalam sepakbola Italia bila menggunakan format 16 tim. Keuntungan besar dilihat De Laurentiis, baik dari sisi klub maupun pemegang hak siar. Pasalnya, klub yang tampil di kasta tertinggi sudah terseleksi kualitasnya dengan baik.

Tak berhenti sampai disitu saja, De Laurentiis mengklaim klub-klub Serie A akan kembali bersaing dilevel tertinggi Eropa karena terlepas dari jadwal padat domestik. De Laurentiis manambahkan masukan bahwa hanya ada satu tim yang terdegrasi selama satu musim kompetisi.

“Sebaiknya kita harus bisa menerima satu tim yang akan terdegradasi. Akan ada lebih banyak pendapatan untuk semua orang dan juga lebih mudah untuk diakses oleh orang lain,” tutupnya.

Ide De Laurentiis sejatinya baru saja terdengar, sampai saat ini belum ada reaksi resmi dari FIGC selaku komite tertinggi sepakbola Italia terkait masukan De Laurentiis tersebut.