Liga Champions

Bisakah Lakukan Comeback, Atletico?

Atletico madridAtletico Madrid menelan kekalahan tiga gol tanpa balas dari Real Madrid di putaran pertama babak semi final Liga Champions. Bisakah Los Rojiblancos membalikkan keadaan, seperti yang pernah dilakukan oleh Barcelona?

Gawang Atletico Madrid kebobolan tiga kali lewat Cristiano Ronaldo yang mencetak hat-trick di Santiago Bernabeu, Rabu (3 Mei 2017) dinihari WIB. Putaran pertama semifinal Liga Champions itu berakhir dengan skor 3 – 0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Los Rojiblancos jelas punya misi sulit membalikkan keadaan pada putaran dua, 11 Mei 2017 mendatang. Walaupun bermain di Vicente Calderon, Antoine Griezmann dan rekan-rekannya setidaknya butuh tiga gol untuk memperpanjang nafasnya di semifinal dan melanjutkan perjuangan ke extra time.

Membicarakan soal comeback, hal itu bukan suatu yang mustahil di sepakbola. Barcelona berhasil membuktikannya ketika menyingkirkan Paris Saint-Germain di babak 16 besar lalu. Sempat kalah 0 – 4, Lionel Messi dan rekan-rekannya bisa berbalik menang 6 – 1 di putaran kedua dan merebut tiket perempatfinal.

Namun ternyata Barcelona sebelumnya juga punya sejarah melakukan comeback di babak semi final Liga/Piala Champions beberapa tahun silam. Bahkan mereka bisa mengejar ketinggalan tiga gol juga pada saat itu.

Comeback tersebut mereka lakukan pada musim 1985/1986 saat Barca berhadapan dengan wakil dari Swedia IFK, Gothenburg. Sempat kalah 0 – 3 di putaran pertama, Barca membalas 3 – 0 di putaran kedua dan melaju setelah menang penalti 5-4. Itu jadi satu-satunya comeback mengejar tiga gol yang berhasil di semifinal Liga/Piala Champions.

Rapid Vienna tidak mampu melakukannya saat berhadapan dengan Benfica di semifinal 1960/1961, kalah 0 – 3 kemudian hanya berimbang 1 – 1. Begitupun Spartak Trnava yang kalah 0 – 3 dari Ajax Amsterdam, kemudian hanya bisa menang 2 – 0 pada musim 1968/1969.

Girodins Bordeaux juga begitu. Kalah 0 – 3 dari Juventus, mereka hanya bisa menang 2 – 0 di semi final musim 1984/85. Terakhir Bayern Muenchen yang dikalahkan 0 – 3 oleh Barca, cuma menang 3-2 di leg dua semi final musim 2014/2015.