Berita Sepak Bola

Belgia Sukses Pecundangi Gli Azzuri

Belgia berhasil membuktikan diri jika pantas berada di peringkat pertama ranking FIFA. Di pertandingan persahabatan yang dilangsungkan Jumat (13/11) waktu Belgia, Eden Hazard cs. berhasil menjungkalkan juara dunia empat kali, Italia, dengan skor yang cukup meyakinkan, 3-1. Kemenangan tersebut tentu menjadi sinyal positif bagi sepakbola Belgia. Di laga yang dihelat di kota Brussels tersebut, pelatih Belgia Marc Wilmots menurunkan pemain-pemain bintang mereka seperti Eden Hazard, Jan Vertoghen, Radja Nainggolan, Romelu Lukaku hingga Kevin De Bruyne. Sementara itu, Italia menurunkan formasi andalan 4-3-3 dengan memasang Graziano Pelle sebagai penyerang tunggal diapit oleh Eder dan El Sharaawy.

Ketika peluit dibunyikan, Italia mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Hasilnya cukup signifikan, Gli Azzuri berhasil mencuri gol di awal-awal laga, tepatnya di menit ke-3 lewat sontekan Antonio Candreva. Winger Lazio tersebut memanfaatkan bola muntah dari tendangan Pelle yang ditepis oleh Simon Mignolet. Gol dari Candreva tersebut seperti menyengat Belgia. Belgia tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Di menit ke-13, bek jangkung asal klub Tottenham Hotspurs, Jan Vertoghen, berhasil mencetak gol lewat sundulan kerasnya memanfaatkan umpan sepak pojok dari Kevin De Bruyne. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai dan Belgia masih tetap memegang kendali permainan. Meskipun begitu, justru Italia lah yang lebih banyak memiliki peluang. Beberapa kali kiper Belgia, Simon Mignolet berjibaku mengamankan gawangnya dari serbuan para penyerang Italia, terutama Graziano Pelle. Lewat kesabaran, Belgia akhirnya berhasil membalikkan keadaan, tepanya di menit ke-74 lewat gol yang dicetak oleh Kevin De Bruyne. Tendangan kaki kirinya tak bisa dihalau oleh kiper Italia, Gianlugi Buffon. Belgia unggul 2-1.

Italia mencoba menyamakan kedudukan, tapi justru gawang Italia kembali terkoyak di menit ke-82 lewat gol dari Michy Batshuayi. Gol tersebut sekaligus menjadi gol penutup pada pertandingan malam itu. Belgia menang dengan skor meyakinkan, 3-1 atas Italia. Kemenangan ini menjadi bukti ketangguhan Belgia yang pada bulan lalu untuk pertama kalinya menduduki ranking pertama FIFA. Setelah ini, anak asuhan Marc Wilmots akan menghadapi mantan juara dunia lainnya, Spanyol.