Piala Dunia

Belanda Tunjuk Advocaat Sebagai Manajer Baru

dick advocaatTimnas Belanda resmi mendapatkan manajer baru suksesor Danny Blind. Sosok itu ialah Dick Advocaat yang nanti bakal dibantu Ruud Gullit sebagai asistennya.

Untuk Advocaat sendiri, ia sudah tiga kali melatih skuat De Oranje usai sebelumnya melatih pada periode 1992-1994 dan 2002-2004. Dia pun mematahkan rekor sebagai manajer tertua (70 tahun), yang pernah menukangi Belanda.

Advocaat mengundurkan diri dari kursi jabatan manajer Fenerbahce untuk menerima tawaran pekerjaan yang ditinggalkan Blind. Ayah dari pemain Manchester United, Daley Blind, tersebut dipecat usai Blenada gagal melaju ke Piala Eropa 2016 dan mendapat serangkaian hasil minor di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sekarang ini Belanda ada di posisi empat klasemen Grup A dengan perolehan tujuh angka dari lima kali bertanding, tertinggal enam poin dari penguasa grup Prancis dan tiga poin di belakang Swedia di posisi kedua.

“Terdapat dua skenario. Yang pertama jangka waktu yang lebih lama atau kami melakukan semuanya agar bisa lolos ke Piala Dunia 2018,” kata direktur teknik KNVB [Federasi Sepakbola Belanda] Hans van Breukelen.

“Kami lebih memililih pilihan kedua. Manajer harus seorang profesional yang berpengalaman, dihormati dan punya wibawa yang besar,” lanjutnya di The Guardian.

Advocaat pernah mengantarkan Tim Oranya mencapai babak perempatfinal Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, sebelum mereka disingkirkan oleh Brasil. Setelah itu pada gelaran Piala Eropa 2004, Belanda mencapai semifinal lalu dibekap oleh tuan rumah Portugal.

Sejarah kepelatihan Advocaat di antaranya pernah melatih tim-tim macam Glasgow Rangers, Sunderland, dan PSV Eindhovan. Dia pun pernah melatih sejumlah tim nasional mulai dari timnas Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.

Tugas perdana Advocaat nanti ialah mendampingi Belanda saat menjamu tim lemah Luksemburg pada 10 Juni mendatang. Mereka wajib menang jika tak mau gagal lolos putaran final Piala Dunia 2018 Rusia.