Liga Italia Piala Dunia

Barzagli Ingin Generasi Baru Italia Lihat Jalan Belgia dan Jerman

Andrea Barzagli memperingatkan pihak Italia untuk melihat jalan Belgia dan Jerman dalam membangun skuat generasi baru dengan tempo 10 tahun ke depan sebagaimana Italia tengah berusaha melakukan perubahan besar usai gagal melangkah ke pentas Piala Dunia 2018 Rusia.

Barzagli sendiri adalah salah satu pemain yang memutuskan pensiun dari kancah internasional usai mendapati Italia gagal. Kegagalan yang membuat ribuan orang kecewa termasuk dirinya karena Italia untuk pertama kalinya gagal ke Piala Dunia sejak ikut serta di tahun 1958.

Kegagalan itu sendiri didapat ketika Italia kalah dari Swedia dibabak playoff, dimana dalam dua babak Italia tak mampu menceploskan bola ke gawang Swedia. Alhasil mereka kalah agregat 1-0 karena dileg pertama Barzagli cs menelan kekalahan satu gol tanpa balas.

Momen ini pun memunculkan pandangan baru dalam skuat Italia, tuntutan perubahan jelas diarahkan kepada FIGC selaku federasi sepakbola Italia. Satu langkah yang nyata terjadi adalah mendepak Giampiero Ventura dari jabatannya.

Dan sejauh ini, mereka terus mencari sosok yang pas untuk berada di kursi kepelatihan Italia. Nama-nama pun bermunculkan termasuk Carlo Ancelotti, Antonio Conte dan Massimiliano Allegri. Dan semakin menarik ketika Carlo Tavecchio akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden FIGC.

“Perubahan tempo 10 tahun ke depan harus berjalan baik. Akan salah bila berpikir bahwa Italia bisa memenangkan Euro dalam dua tahun dan memprogram ulang semuanya dalam waktu singkat,” tutur Barzagli.

“Kebutuhan pertama adalah mendapat orang untuk berada dipuncak FIGC dan mengimplementasikan program yang jelas tanpa kendala, dapat membuat keputusan dengan bebas dan bekerja dalam jangka panjang. Yang jelas adalah Anda tidak bisa menjalankan semua ini dalam tempo singkat,”

“Sambutan dari saya akan sangat hangat ketika mantan pemain akan hadir dalam ruang FIGC. Ini bukan tentang nama mereka, tapi mereka harus memiliki keterampilan yang diperlukan. Pengalaman diluar lapangan juga penting. Pengulangan akan kami lakukan dengan pemain muda dan Belgia dengan Jermana dalah contoh yang pantas kami tiru.” tutup Barzagli.