Liga Inggris Liga Spanyol

Bartomeu: Barca Bisa Jadi Hijrah ke Serie A, Ligue 1 atau Premier League

Wajar saja jika Barcelona mengalami dilema besar dalam menentukan masa depan mereka di Spanyol. Berdasarkan langkah-langkah yang bisa dijalani Barca, ada satu yang paling nampak nyata adalah hijrah ke Serie A Italia, Ligue 1 Prancis atau Premier League Inggris.

Langkah ini tak lepas dari situasi yang sedang dihadapi oleh Barca akibat kondisi politik Catalunya yang mengharapkan kemerdekaan sendiri dan lepas dari Spanyol. Jika benar ini terjadi, maka Barca akan menerima dampak luar biasa besar dan mereka wajib memikirkan jauh ke masa depan.

Ketika goncang-ganjing rencana kemerdekaan Catalunya berlangsung, maka Barca wajib bergerak cepat dalam menjaga kestabilan klub dikancah Eropa. Dan jika sudah bukan menjadi bagian dari Spanyol, ada kemungkinan Barca harus meninggalkan La Liga.

Selaku presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas pernah mengatakan bahwa Barca tak bisa bertahan di La Liga jika Catalunya merdeka. Dan sebagai orang nomor satu Barca, Josep Maria Bartomeu mengaku masih belum memikirkan liga mana yang akan dipilih Barca.

Sampai sejauh ini, sang presiden masih memikirkan tiga opsi yang berisikan jika Barca tetap di La Liga, menggelar liga sendiri di Catalunya atau bergabung ke Ligue 1 Prancis. Bartomeu menambahkan jika keputusan ini tidak bisa diambil sendiri, sang presiden melanjutkan bahwa para petinggi klub akan mempertimbangkan segala keputusan demi masa depan Barca.

“Seandainya Catalunya merdeka, pihak klub dan para anggotanya yang berhak menentukan liga mana yang akan kami pilih. Saat ini kami tengah menjalani masa sulit dalam hal kepastian untuk masa depan. Ini rumit dan kami akan memikirkannya secara seksama dan dengan pikiran tenang,” ungkap Bartomeu.

Dilain sisi, pengakuan berbeda datang dari Menteri Olahraga Catalunya, Gerard Figueras yang mengatakan jika Barca bisa menumpang ditiga klub terbaik Eropa macam Serie A Italia, Ligue 1 Prancis atau Premier League Inggris. Sampai sejauh ini, ada tiga klub Catalunya yang wajib menentukan masa depan mereka yang terdiri dari Barca, Espanyol dan Girona.