Serba Serbi

Badan Amal Messi Dituding Lakukan Korupsi

leo messi foundationKondisi keuangan Lionel Messi terus mendapatkan masalah. Buka dikarenakan sang bintang kehabisan dana, akan tetapi dia lagi-lagi dituduh sudah menggelapkan dana.

Usai sebelumya terancam sanksi penjara akibat mengemplang pajak, sekarang pemain berjuluk La Pulga lagi-lagi dituduh melakukan penggelapan. Yang lebih parahnya lagi Messi dituding melakukan korupsi uang yang terkumpul di yayasan amal miliknya.

Dilaporkan oleh media cetak Spanyol, ABC, Leo Messi Foundation sudah merangkai jaringan keuangan yang tak transparan. Tujuannya yakni menyembunyikan pendapatan dari sponsor yang ingin membantu yayasan itu.

Uang yang seharusnya diberikan kepada pihak yang membutuhkan lantas disembunyikan tanpa dilaporkan kepada pihak berwenang. Hasilnya, tidak ada kejelasan apakah dana tersebut betul-betul diperuntukkan untuk anak-anak kurang beruntung atau tidak.

Terhitung sejak tahun 2007 sampai 2015, Leo Messi Foundation diindikasikan sudah menyembunyikan sebagian besar yang yang mereka peroleh dari pihak sponsor. Puluhan juta euro tak dilaporkan kepada pihak berwenang, baik di Spanyol atau di Argentina. Masih dari sumber yang sama, yayasan tersebut digunakan untuk payung pelindung bisnis keluarga Messi.

Masih belum diketahui secara pasti apakah situasi ini bakal kembali menarik perhatian petugas pajak di Spanyol. Pasalnya, apabila jebolan akademi La Masia ini terbukti bersalah menggelapkan uang, maka ia harus dihadapkan paca sanksi kurungan minimal 21 bulan.