Liga Spanyol

Awan Kelam Sedang Naungi Barcelona

barcelonaErnesto Valverde selaku manajer Barcelona menyebut tak ada tim yang tak bisa kalah di dunia ini. Adapun sang pelatih mengakui kenyataan Los Cules tengah melalui masa-masa buruk.

Barcelona tumbang 0-2 (agregat 5-1) dari Real Madrid dalam ajang Piala Super Spanyol. Valverde sadar betul bahwa seteru abadi Barcelona itu unggul jauh dan meminta para pemainnya segera bangkit dari keterpurukan.

“Tidak ada tim yang tak terkalahkan, apabila ada kepastian dalam olahraga ini, maka pada akhirnya tetap kekalahan,” ungkap Valverde.

“Yang harus kami miliki untuk menang, pastinya, adalah akurasi. Kami tidak masalah sama sekali mengakui keunggulan tim rival. Madrid memang tampil lebih baik dari kami, terutama pada leg kedua, bukan yang pertama.”

“Gelar ini sudah hilang dari genggaman, itu benar. Kadang-kadang, mereka mbisa memulai dengan bagus, terutama di awal babak pertama dan babak kedua kami kurang terlalu baik.”

“Ada sebuah kesempatan dimana kami bisa menyamakan skor, tetapi kami gagal memanfaatkannya. Kami mendapat hukuman dalam kekalahan tersebut. Kami harus segera bangkit dari segi mental karena kompetisi La Liga sebentar lagi dimulai. Piala Super merupakan akhir dari pramusim, kendati itu merupakan trofi yang ingin kami menangi. Kami harus melangkah. Kami tidak memiliki opsi lain.”

“Di dunia ini semuanya bisa jadi bukti. Setiap tim mendapat ujian di masa-masa tertentu dan kesulitan bakal selalu hadir. Ada sejumlah hal di pramusim yang bisa memengaruhi keseimbangan yang pernah ada dalam tim. Kami harus memikirkan jalan keluar menemukan keseimbangan lain.”

“Itu menjadi tugas dari skuat ini. Memang kami mengalami masa sulit karena di tim besar, hal ini terjadi tiap kali anda menelan kekalahan,” tandasnya.