Berita Sepak Bola

Angka Bunuh Diri Bikin Portugal Ditundukkan Swedia

Portugal menerima hasil negatif saat berhadapan dengan Swedia pada pertandingan ujicoba. Unggul 2 angka lebih awal, Portugal tunduk dengan skor 2-3 lewat angka yang tercipta pada menit terakhir.

Menjadi tuan rumah melawan Swedia pada hari Rabu (29/3/2017) dinihari WIB, di Estádio dos Barreiros, Madeira, Portugal sesungguhnya tampil lebih unggul lewat kontrol bola. Tercatat mereka pegang kontrol bola sampai dengan 60 persen.

Namun hal tersebut tidak berarti apapun kalau tuan rumah malah kerepotan untuk memberi ancaman ke gawang Swedia dengan langsung. Lewat 7 upaya yang dilakukan dengan hanya 2 di antaranya yang mengarah ke gawang sedangkan Swedia lakukan 6 percobaan dengan 13 di antaranya yang mengarah ke gawang.

Portugal lebih awal memperlihatkan kemungkinan mengancam tengan tendangan Renato Sanches pada menit ke 5, tetapi melebar. Sedangkan tanggapan dari Swedia lewat Sam Larsson dan Viktor Claesson tidak amat mengancam bagi gawang Portugal.

Pada menit 18, Portugal raih keunggulan. Gelson Martins lesatkan umpan silang lewat kanan dan Ronaldo berhasil loloskan diri dari hadangan di tiang jauh, kemudian memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Swedia miliki peluang langsung memberi balasan selang 5 menit, saat Christoffer Nyman raih celah untuk menghampiri umpan silang dari Emil Krafth. Tendangannya masih melebar. Sedangkan Ronaldo kehilangan peluang menambah lagi keunggulan pada menit 25, setelah sepakannya ditolak.

Pada menit 34, Portugal tambahkan keunggulan. Usaha Andreas Granqvist untuk menjaga bola umpan silang Martins malah bikin bola masuk ke gawangnya sendiri. Partai pertama berakhir untuk Portugal dengan skor 2-0.

Swedia menambah kecil jaraknya pada menit 57. Pertama tendangan Isaac Kiese Thelin ditahan oleh Marafona. Bola rebound lalu diamankan oleh Nyman, yang lalu memberi operan pada Claesson yang melaju dari garis kedua. Claesson akhiri kesempatan tersebut dengan santai ke gawang.

Claesson ciptakan angka lagi pada menit 76, serta samakan skor untuk Swedia. Umpan silang dari Jimmy Durmaz dengan tendangan pojok yang masuk ke gawang tanpa bisa ditahan Marafona.

Portugal berusaha lakukan tekanan pada sisa waktu, tetapi malah kecolongan pada menit terakhir. Swedia melakukan tekanan di bagian kiri lewat Niklas Hult ketika pertandingan memasuki menit 93 dan disambung dengan umpan silang mendatar. Bola tak berhasil Marafona potong, kemudian terbentur Joao Cancelo dan jadi angka bunuh diri.

Laga berakhir dan tak ada angka lagi yang tercetak. Sang juara Eropa tunduk dramatis pada sejumlah menit akhir, di depan para fansnya sendiri.