Berita Sepak Bola Liga Spanyol

Alonso Beberkan Cara Matikan Pergerakan Messi

Xabi Alonso mencoba berbagi kisah pengalaman dengan bermain di Real Madrid, dimana sang pemain mengungkap sebuah rahasia bagaimana cara mematikan pergerakan bintang Barcelona, Lionel Messi. Dalam sebuah rencana yang disusun matang ini, ternyata Alonso tidak sendirian dan ditemani oleh Jose Mourinho yang ketika itu menjabat sebagai pelatih Los Blancos.

Nampak nyata ketika Alonso bekerjasama dengan Mourinho sangat sulit untuk mematikan pergerakan Messi disaat berduel bebas di atas lapangan. Oleh sebab itu, mereka berdua lebih sering melakukan diskusi untuk mendapatkan cara ampuh membuat Messi tidak berkutik.

Tak berhenti sampai di Mourinho saja, Alonso juga memunculkan Sergio Ramos sebagai aktor lainnya. Dalam rencana ini, Alonso berkata : “Messi menimbulkan banyak kesulitan pada saya, saya, Mourinho dan Ramos banyak berdiskusi tentangnya. Kami mulai untuk mengendalikan Messi dengan saya yang akan menjaganya,”

“Kami mengorbankan posisi yang saya tempati untuk mematikan Messi. Tapi, begitu kami bisa mengendalikan Messi, pada akhirnya pertandingan berakhir biasa saja dan tak ada yang baik untuk kami,”

Alonso menambahkan bahwa ketika bermain untuk Madrid, timnya dibuat kesulitan oleh Barcelona. Menurutnya, Barca di era tersebut sedang berada dalam era keemasan. Madrid pun kerap kalah dari rival abadinya di La Liga Spanyol tersebut. Dan salah satu kekalahan yang paling diingat Alonso adalah kekalahan telak dengan skor 5-0 pada tahun 2010.

“Kekalahan itu mengubah banyak hal. Saat itu kami belum siap untuk bersaing. Kami baru siap satu tahun berikutnya. Barca dominan, tapi pada akhir tahun 2011 kami tahu bahwa kami bisa menyerang siapa pun dengan empat gerakan,” tutup Alonso.

Sepeninggal Alonso dan Mourinho, Madrid dan Barca terus bersaing dipuncak tertinggi La Liga. Kedua tim saling bergantian dalam menuntaskan liga dengan keluar sebagai juara. Dan di dua musim terakhir ini, Madrid sukses membungkam Barca dengan mencetak sejarah Liga Champions sebagai tim pertama yang sukses menjadi juara dua kali secara beruntun.