Berita Sepak Bola

Aksi Edan Penonton Timnas Nigeria Berbuah Sanksi!

Kejadian mengagetkan baru saja terjadi pada liga tertinggi di Negria dimana Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) mengeluarkan surat resmi yang berisi sanksi denda sebesar 5 ribu dollar dari Asosiasi Sepakbola Afrika (CAF) akibat penonton yang memenuhi stadion lebih dari kapasitas nya dalam laga kualifikasi Piala Afrika kontra Mesir pada Maret kemarin.

Aksi Edan Penonton Timnas Nigeria Berbuah Sanksi!

Sontak kejadian ini langsung memberikan dampak negatif dari sepakbola Nigeria sendiri dan di hari yang sama media sosial di seluruh dunia ramai membicarakan berita tersebut. Aksi gila ini berhasil menjadi berita hangat bagi kalangan penikmat sepakbola dan tidak lepas juga ada yang memberikan ungkapan positif kepada kecintaan penonton Nigeria, sampai-sampai mereka rela datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pertandingan tim kesayangan mereka.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1 itu resmi digelar di Ahmadu Bello Stadium di Kaduna, yang sejatinya memiliki kapasitas 16 ribu penonton namun kenyataannya yang hadir jauh melebih kapasitas dengan catatan hingga 40 ribu orang. Alhasil pihak berwajib langsung menganalisa penyebab terjadi nya hal tersebut.

Sekilas beberapa bukti datang dari sejumlah foto yang menangkap pemandangan fans memanjat dan menyaksikan jalannya laga dari menara penyiar, serta sebagian besar lainnya naik hingga ke atap stadion dan tidak membutuhkan waktu lama bahwa kejadian itu mengundang reaksi dari pihak CAF selaku dari komite pengawasan sepakbola tertinggi di Nigeria.

penonton nigeria

Untuk itu pihak Nigeria siap menerima hukuman apa pun demi memperbaiki kinerja sepakbola Nigeria. Melalui komite disiplin, CAF menilai bahwa NFF telah mengabaikan standar keselamatan penonton dan kurangnya pengamanan di stadion yang menyebabkan jumlah fans yang hadir melebihi kapasitas stadion.

Dalam jalan nya pertandingan itu, Mesir berhasil memenangkan pertemuan kedua mereka dengan skor 1-0 di Alexandria sekaligus memupuskan harapan Nigeria untuk berpartisipasi di Piala Afrika 2017 yang diselenggarakan di Gabon.

Bukan itu saja, hukuman bermain tanpa penonton juga disinyalir akan diterima oleh timnas Nigeria. Namun sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak Nigeria dalam menanggapi hukuman tersebut.