Berita Sepak Bola liga Europa UEFA

Ajax Tetap Masuk ke Final Usai Dikalahkan Lyon

Olympique Lyon lakukan upaya semaksimal mungkin untuk bisa memutar balik keadaan saat berhadapan dengan Ajax. Namun hasil oke yang diraih dengan skor 3-1 tidak cukup bagi mereka untuk memutar keadaan, Ajax pada akhirnya tetap menjadi tim yang masuk ke babak final liga Europa.

Menjadi tuan rumah berhadapan dengan Ajax pada hari Jumat (12/5/2017) dinihari WIB di Parc Olympique Lyonnais pada babak semifinal pertemuan kedua, Lyon berada dalam tertinggal dengan skor 1-4. Lewat cetak angka cepat, Lyon malah diberi pukulan keras pada menit 27.

Lewat keadaan menyerang balik, Ajax ciptakan angka. Amin Younes pada sisi kiri lesatkan umpan terobosan menuju Kasper Dolberg, yang diakhiri lewat dengan sontekan mengecoh penjaga gawang Anthony Lopes.

Di tinggal lebih awal, Lyon semakin tampil mengancam. Momen yang dinanti oleh tuan rumah berlangsung menjelag berakhirnya babak pertama.

Pada menit 44, wasit memberi tendangan penalty pada Lyon setelah Alexandre Lacazette dilanggar oleh Matthijs de Ligt. Lacazette yang menjadi eksekutor berhasil bikin penjaga gawang lawan terkecoh lewat tendangan keras menuju arah kanan bawah gawang.

Tidak sampai di situ saja, pada masa injury time Lyon memutar keadaan jadi unggul. Nabil Fekir melakukan tusukan ke bagian kanan di area penalti dan kirimkan umpan datar, kemudian Lacazette menghampiri di tiang jauh.

Berakhirlah babak pertama, Lyon bisa bernafas legah untuk memutar balik keadaan.

Lyon pertahankan serangannya yang agresif pada babak kedua dan raih beberapa kesempatan yang tidak berhasil di optimalkan. Kebalikannya Ajax pun bikin keadaan yang mengancam, yang salah satunya lewat tendangan Donny van de Beek yang mengenai mistar gawang pada menit 79.

Selang 2 menit, Lyon ciptakan angka ketiga. Umpan silang yang dilakukan Maciej Rybus disundul oleh Rachid Ghezzal dan peluang Lyon bertambah lagi. 1 cetak angka lagi agar agregat menjadi imbang dan bikin mereka makin bersemangat di turnamen.

Lyon keluarkan semua yang dapat mereka perbuat untuk ciptakan 1 angka lagi pada sisa waktu. Malah mereka miliki keuntungan lewat kartu merah yang didapat Nick Viergever, setelah mendapatkan 2 buah kartu kuning.

Namun Ajax dapat pertahankan skor. Lyon juga harus terima hasil oke laga itu, namun harus berhenti di babak semifinal dengan agregat 4-5. Ajax juga bakal bertamu ke Manchester United di babak final yang bakal berlangsung di Friends Arena, Stockholm.

Susunan pemain:

Lyon: Lopes; Rafael, N’Koulou, Diakhaby, Morel (Rybus 74′); Tolisso, Gonalons; Cornet, Fekir, Valbuena (Ghezzal 77′); Lacazette

Ajax: Onana; Veltman (Tete 65′), Sanchez, De Ligt, Viergever; Klaassen, Schone (Van de Beek 59′), Ziyech; Traore, Younes (Kluivert 82′), Dolberg