Serba Serbi

8 Rekor Sepakbola Yang Belum Terpecahkan

peleBisa dibilang sepakbola merupakan olahraga yang digandrungi masyarakat di dunia dari kanak-kanak sampai dewasa. Bahkan wanita pun tak ketinggalan menggemarinya, ada juga yang menjadi pemain profesional.

Sepakbola juga terus menorehkan rekor-rekor luar biasa yang akan sangat sulit dipecahkan oleh generasi saat ini. Paling tidak ada 10 rekor di dunia sepakbola yang masih bertahan sampai detik ini, berikut daftarnya :

 

1. Hattrick Terbanyak

Hattrick ialah situasi yang mana satu pemain mendulang tiga gol dalam satu laga. Saat ini hattrick terbanyak masih menjadi legenda hidup Brasil, Pele, yang mencatatkan 92 hattrick dari 650 gol di 694 pertandingan liga domestik.

2. Penampilan Internasional Terbanyak

Memperkuat tim nasional adalah impian dari para aktor lapangan hijau. Dalam kategori ini, Ahmed Hassan adalah pemain dengan caps terbanyak yakni 184 pertandingan bersama timnas Mesir. Jumlah yang sulit disamai.

3. Clean Sheet Terlama

Torehan clean sheet paling lama masih dimiliki oleh kiper legendaris yaitu Edwin Van Der Sar yang dibuat di musim 2008/2009. Ketika itu pria asal Belanda adalah anggota Manchester United.

4. Medali Liga Champions Terbanyak

Liga champions merupakan gelar paling prestisius lantaran turnamen tersebut diisi oleh tim-tim kuat di Benua Eropa. Hingga detik ini medali Liga Champions terbanyak dipegang legenda Real Madrid, Francisco Gento, dengan enam medali.

5. Juara Liga Champions Beruntun

Lalu pemegang rekor juara Liga Champions secara berturut-turut adalah Real Madrid. Dari total 12 gelar yang mereka dapatkan, enam diantaranya mereka menangi secara beruntun.

6. Gol Terjauh

Cukup mengejutkan karena dalam kategori gol terjauh dibuat oleh seorang penjaga gawang. Dialah Asmir Begovic, dimana ia mencatatkan gol terjauh berjarak 97,5 yard ketika dirinya masih memperkuat Stoke City.

7. Gol Terbanyak Dalam 1 Tahun Kalender

Usai sempat bertahan begitu lamanya, rekor gol satu tahun kalender yang sebelumnya dipegang Gerd Muller mampu dipatahkan oleh sang fenomenal Lionel Messi pada tahun 2012. La pulga menjaringkan 91 gol dalam setahun kalender!

8. Penonton Terbanyak

Dan yang terakhir adalah penonton terbanyak. Hal ini terjadi sangat lama, lebih dari 60 tahun lamanya. Di tahun 1950 pertandingan final Piala Dunia antara Uruguay kontra Brasil menyedot 210.000 orang.