Liga Inggris

8 Kali Operasi, Cazorla Belum Fit Awal Musim Depan

santi cazorlaPemain senior Arsenal Santi Cazorla tengah dilanca cobaan berat dalam kariernya sebagai pesepakbola. Cazorla belum juga pulih walau telah menjalani operasi berulang kali.

Cazorla, 32 tahun, sudah absen sejak Oktober tahun lalu. Gelandang internasional Spanyol tersebut mendapat tendangan di Achilles-nya dalam duel Liga Champions menghadapi Ludogorets Razgrad.

Proses penyembuhan eks pemain Villarreal dan Malaga ini tak berjalan sesuai harapan. Terjadi kompliasi yang menyebabkan dia tak sembuh juga.

Di awal pekan ini, Senin (29/5/2017) lalu, Cazorla kembali naik meja operasi. Itu merupakan operasi ke-8 kali yang ia lakoni.

“Terakhir kali saya bermain bulan Oktober 2016. Sudah delapan operasi saya jalani, yang terakhir (Senin). Saya ingin situasinya menjadi lebih baik,” ungkap Cazorla kepada Cadena Ser seperti dikutip Independent.

“Saya mendapatkan komplikasi sejak November. Saya mengalami infeksi bakteri pada operasi saya, tulang saya terinfeksi, lukanya tidak tertutup sehingga harus dicangkok,” jelasnya.

Untuk Cazorla, musim 2016-17 adalah masa terburuk sepanjang kariernya.

“Saya teringat pernah melewati momen sulit dengan cedera punggung (saat masih membela Villarreal pada 2010), namun ini lebih buruk karena penyembuhan tidak bergantung pada saya. Kini yang ada dalam pikiran saya hanyalah kembali bermain,” katanya.

Cazorla belum tahu kapan dirinya bisa beraksi lagi di lapangan. Satu hal yang pasti dia belum akan pulih awal musim depan.

“Rasanya seperti ingin menyerah, namun antusiasme untuk bermain sepakbola lebih dari segalanya. Tak bisa menetapkan tanggal (kembali bermain), namun saya rasa lima bulan masih belum cukup,” ujarnya.

Walau kondisinya sedang cedera, Cazorla masih diberi perpanjangan kontrak yang mengikatnya sampai tahun 2018.

“Mereka (Arsenal) telah bersikap baik pada saya. Mereka memberikan perpanjangan kontrak sebelum saya dioperasi (pada bulan Desember). Manajer (Arsene Wenger) bilang dia sangat yakin kepada saya,” kata Cazorla.