Serba Serbi

5 Transfer Termahal Sepanjang Sejarah Liverpool

liverpoolLiverpool baru saja menyelesaikan transfer bintang milik AS Roma Mohamed Salah. Salah diikat kontrak sampai tahun 2022 mendatang usai merampungkan tes medis Kamis (22/6/2017). Salah baru resmi jadi anggota The Reds pada 1 Juni nanti.

Kepindahan pemain internasional Mesir itu jadi rekrutan termahal Liverpool sepanjang sejarah. Salah direkrut seharga 35 juta poundsterling atau setara dengan Rp 593 miliar. Angka itu lebih mahal ketimbang Luis Suarez maupun Fernando Torres ketika direkrut Liverpool.

Akan tetapis sebelum salah, terdapat lima pemain yang merupakan rekrutan termahal Liverpool. Berikut daftarnya:

5. Adam Lallana

Liverpool melayangkan tawaran sebesar 25 juta pounds kepada Southampton pata tahun 2014 lalu usai melewati saga transfer yang panjang. Lallana merupakan transfer kedua usai Dejan Lovren yang diboyong dari Southampton pada 2014. Keduanya masih membela Si Merah hingga kini.

4. Roberto Firmino (29 juta pound)

Pada pertengahan bulan Juni tahun 2015, ketika dirinya masih membela Brasil di Copa America, Firmino dan klubnya Hoffenheim menyetujui proposal dari raksasa Premier League ini sebesar 29 juta pounds (Rp 491 miliar). Debut Firmino adalah saat laga pramusim menghadapi Swindon Town pada 2 Agustus.

3. Christian Benteke

Di bursa transfer musim panas 2015 Liverpool merampungkan trasnfer Benteke dengan kontrak jangka panjang dari Aston Villa. Nilai belinya yakni 32,5 juta pound (Rp 551 miliar) sekaligus membuat Benteke sebagai transfer termahal kedua sepanjang sejarah klub. Sayang kariernya bersama Liveprool meredup sehingga dilepas ke Crystal Palace semusim kemudian.

2. Sadio Mane

Musim 2016-2017 Mane resmi mengenakan seragam Merah-merah setelah ditebus sebesar 34 juta pounds (Rp 576 miliar) dari Southampton. Angka transfer itu menjadikan Mane sebagai pesepakbola Afrika termahal sepanjang sejarah. Cedera membuat Mane tak banyak memberi kontribusi untuk timnya.

1. Andy Carroll

Pada bursa transfer musim dingin 2011 Liverpool melayangkan tawaran ke Newcastle United. Proposal pertama senilai 30 juta pounds (Rp 508 miliar) untuk Carroll ditolak mentah-mentah. Baru kemudian The Magpies menyetuhi tawaran senilai 35 juta pound (Rp 593 miliar) dari The Reds. Di hari yang sama Torres hijrah ke Chelsea.