Berita Sepak Bola

5 Pesepakbola Terbaik Rumania Sepanjang Masa

Pesepakbola Terbaik Rumania Sepanjang Masa
Pesepakbola Terbaik Rumania Sepanjang Masa

Dalam ranah sepakbola, nama Rumania memang tak sebesar Spanyol, Jerman, Italia atau Inggris. Bisa dibilang, Rumania hanya bisa menjadi tim kasta kedua di jajaran sepakbola Eropa. Namun, bukan berarti Rumania bisa dipandang sebelah mata. Negara ini kerap melahirkan bintang-bintang besar sepakbola dunia. Siapa sajakah pesepakbola terbaik yang pernah dilahirkan oleh Rumania? Berikut ini 5 pesepakbola terbaik Rumania sepanjang masa.

  1. George Haghi

Nama ini tentu tidak asing bagi para pecinta sepakbola dunia. George Haghi merupkan bintang sepakbola terbesar yang pernah dilahirkan Rumania. Namanya kerap disandingkan dengan megabintang Argentina, Diego Maradona. Haghi berhasil membawa Rumania berlaga di 3 edisi Piala Dunia, yaitu 1990, 1994 dan 1998. Hingga saat ini, tak ada pemain Rumania lain yang bisa menyaingi popularitas George Haghi.

  1. George Popescu

Pemain yang berada satu generasi dengan Haghi ini juga menjadi salah satu legenda sepakbola Rumania. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi andalan beberapa klub elit Eropa seperti PSV Eindhoven, Tottenham Hotspurs dan Barcelona.

  1. Christian Chivu

Untuk ukuran timnas, nama Chivu mungkin masih kalah dengan Haghi atau Popescu. Namun untuk level klub, nama Chivu sangat diperhitungkan. Klub-klub yang dibela Chivu selalu diantarkan menjadi kampiun di berbagai kompetisi. Salah satunya saat Chivu berhasil mempersembahkan gelar treble winner bersama Inter Milan di tahun 2010.

  1. Bogdan Lobont

Penjaga gawang yang pernah merumput bersama Glasgow Celtic dan AS Roma ini menjadi salah satu pemain terbaik Rumania. Kiprahnya bersama timnas Rumania tak bisa disepelekan. Total, kiper tangguh yang satu ini memperkuat timnas Rumania dari tahun 1998 hingga 2014.

  1. Dorinel Munteanu

Namanya mungkin kalah mentereng dibandingan dengan Haghi atau Popusecu. Namun Munteanu adalah pencetak caps terbanyak Rumania dengan torehan 134 penampilan bersama timnas. Munteanu turut menjadi bagian skuad Rumania di Piala Dunia 1994 dan 1998, serta Piala Eropa 1996 dan 2000.

Itu tadi 5 pesepakbola terbaik Rumania sepanjang masa. Setelah era Haghi, Rumania memang sulit untuk menelurkan pemain-pemain baru yang berkualitas. Patut ditunggu kembalinya kejayaan sepakbola Rumania beberapa tahun mendatang.