Berita Sepak Bola

5 Pesepakbola Terbaik Belgia Sepanjang Masa

5 Pesepakbola Terbaik Belgia Sepanjang Masa
5 Pesepakbola Terbaik Belgia Sepanjang Masa

Timnas sepakbola Belgia mengukir prestasi bersejarah setelah menempati peringkat pertama ranking FIFA pada bulan Oktober 2015 ini. Prestasi tersebut adalah pencapaian luar biasa dari timnas Belgia. Timnas Belgia saat ini memang kerap disebut sebagai generasi emas sepakbola Belgia. Deretan pesepakbola berkualitas di dalam skuad Belgia saat ini adalah salah satu indikatornya.

Sejak dulu Belgia memang kerap melahirkan pesepakbola berkualitas yang namanya tenar seantero dunia. Beberapa pesepakbola Belgia berhasil mengukir prestasi terbaik di klub maupun di timnas. Berikut ini 5 pesepakbola terbaik Belgia sepanjang masa.

1. Paul van Himst

Penyerang satu ini adalah salah satu legenda terbesar sepakbola Belgia. Hingga saat ini, Paul van Himst masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Belgia. dari 81 penampilannya bersama Belgia, mantan pemain Anderlecht ini berhasil menceploskan 30 gol.

2. Jan Ceulemans

Pemain yang satu ini memegang rekor sebagai pemain Belgia yang paling banyak tampil membela Belgia. Dari tahun 1977 hingga 1991, Ceulemans telah tampil sebanyak 96 kali. Pemain ini pernah membawa Belgia ke final Euro 1980 dan peringkat keempat di Piala Dunia 1986. Ceulemans masuk dalam generasi emas Belgia jilid pertama.

3. Jean-Marie Pfaff

Kiper satu ini merupakan bagian dari generasi emas Belgia jilid pertama. Dia berhasil membawa Belgia ke semi final Piala Dunia 1986 dimana di turnamen tersebut Pfaff dianugerahi sebagai kiper terbaik. Selain itu, Pfaff juga masuk dalam 125 pemain terbaik dunia versi Pele.

4. Vincent Kompany

Jalan menuju legenda sudah mulai ditulis oleh bek andalan Manchester City ini. Kompany menjadi pemimpin generasi emas Belgia di Millenium baru. Sosok satu ini dipercaya akan mampu memimpin generasi emas Belgia meraih prestasi gemilang di berbagai ajang yang akan diikuti Belgia, dari Piala Dunia hingga Piala Eropa.

5. Eric Gerets

Eric Gerets adalah anggota lain dari generasi emas Belgia jilid pertama. Hingga saat ini, Gerets tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak nomor tiga di timnas Belgia. Raihan prestasi bersama timnas dan klub membuat Gerets layak berada di deretan legenda sepakbola Belgia.
Itu tadi 5 pesepakbola terbaik dari timnas Belgia. Generasi emas jilid kedua Belgia siap menyambut ajang Piala Eropa 2016 Perancis. Dengan materi yang ada, bukan tidak mungkin generasi emas Belgia tersebut menorehkan tinta emas bagi persepakbolaan Belgia.