Serba Serbi

5 Pemain Terbaik Yang Pernah Dimiliki Arsenal

ArsenalSejak pertama kali didirikan pada tahun 1886, sebagai klub yang awalnya dinamai Dial Square, Arsenal Football Club telah memiliki banyak pemain hebat yang bermain untuk mereka. Berikut ini goldewa akan mengulas tentang 5 pemain terbaik Arsenal sepanjang masa dari bermacam-macam posisi.

David Seaman
David Seaman
Ketika Arsenal merekrut David Seaman ini dari Queens Park Rangers, beberapa suporter The Gunners memprotes keputusan George Graham tersebut karena kalah terkenal daripada John Lukic. Tetapi performa yang ditunjukkan oleh Seaman dalam musim juara di 1990/1991 berhasil membungkam para pengkritiknya.

Penyelamatan yang dilakukannya untuk menepis tendangan dari pemain Tottenham Hotspurs, Gary Lineker di musim itu akan selalu dikenang. Walaupun dia mengalami cedera di kaki pada penghujung karirnya, Seaman masih menunjukkan kelasnya sebagai penjaga gawang kelas dunia saat dia sukses menghalau sundulan pemain Sheffield United, Paul Peschisolido, di semi final Piala FA 2003.

Patrick Vieira
Patrick Vieira
Patrick Vieira merupakan salah satu pemain kunci di lini Arsenal selama hampir satu dekade antara 1996 dan 2005, pemain Prancis ini bisa dibilang sebagai musuh besar Manchester United. Hal itu terbukti dengan perseteruannya dengan Roy Keane di atas lapangan dan lorong pemain.

Sejak direkrut dari AC Milan, terlihat jelas bahwa Patrick Vieira merupakan sosok gelandang yang patut dijadikan panutan do abad 21. Dia memiliki energi yang tidaa ada habisnya, ia bisa melakukan tekel, ia bisa melindungi empat bek, ia bisa membangun serangan dan ia bahkan mencetak gol penting sesekali.

Thierry Henry
Thierry Henry
Para fans Arsenal tanpa ragu-ragu menyebut Thierry Henry sebagai pemain terbaik di dunia. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Gunners ini seperti tanpa tanding pada zamannya. Henry butuh – yang memulai kariernya sebagai pemain sayap – satu musim untuk beradaptasi dengan tim, setelah manajer Arsene Wenger memberitahunya bahwa ia ingin mengubah posisinya menjadi penyerang.

Pada musim 2001/2002, ia menggunakan kecepatannya yang luar biasa untuk menghancurkan tembok pertahanan tim lawan, dan dia melanjutkan performa hebatnya itu di sepanjang musim 2003/04. Di musim itu, Arsenal dijuluki The Invincibles karena sama sekali tak tersentuh kekalahan di sepanjang musim.

Dennis Bergkamp
Dennis Bergkamp
Bukan hanya kedatangan pemain Belanda ini ke Highbury pada bulan Juli 1995 yang mengubah Arsenal dari tim yang lambat menjadi tim yang lebih cepat, namun kepindahan Dennis Bergkamp dari Inter Milan juga mengawali perubahan pemikiran persepakbola Inggris secara keseluruhan.

Dennis Bergkamp merupakan yang perfeksionis ketika menjalani latihan. Dia banyak melakukan pendekatan berbeda untuk kehidupan di luar lapangan bertentangan dengan gaya hidup banyak pemain Inggris yang sangat akrab dengan alkohol di era tersebut. The Gunners menuai manfaatnya, dan dalam dekade penuh gelar, dia membuktikan diri sebagai salah satu dari sekumpulan striker terbaik.

Ashley Cole
Ashley Cole
Ashley Cole sebenarnya merupakan sosok yang kontroversial, mengingat kepindahannya ke Chelsea pada 2006 menegaskan pergeseran kekuatan sepak bola yang terjadi di London. Namun dalam tujuh tahun karirnya di Highbury, Cole yang sangat konsisten adalah full-back terbaik yang pernah memperkuat Arsenal.

Cepat dan tajam saat melakukan tekel, dan mampu mengantisipasi bahaya sebelum terjadi, Ashley Cole merupakan sosok teladan dari full-back modern, yang mampu berlari maju di sayap kiri sebagus seperti saat ia mengamankan pertahanan. Agak disayangkan ia meraih lebih banyak gelar bersama Chelsea ketimbang di Arsenal.