Klasik

5 Jersey Sepakbola Paling Bersejarah

Para penggemar sepakbola biasanya selalu berburu jersey terbaru klub atau tim nasional favorit mereka. Namun, ada dari sebagai fans sepakbola yang punya selera berbeda. Beberapa orang ada yang lebih suka memburu jersey klasik yang punya nilai sejarah, baik karena jersey tersebut dipakai oleh tim yang memenangkan sebuah trofi bergengsi atau karena identik dengan seorang pemain tertentu.

Berikut ini adalah 5 Jersey Sepakbola Yang Paling Bersejarah:

1. AC Milan 1993/1994
ac milan

AC Milan dinilai punya salah satu jersey bergaris terbaik di dunia, dengan warna khas merah-hitam. Jersey bermotif ini sudah dipakai sejak puluhan tahun silam. Namun ada salah satu jersey yang dianggap paling spesial, yakni jersey musim 1993/1994.

Jersey musim 1993/1994 dinilai spesial karena jersey ini dipakai oleh Il Diavolo Rosso saat meraih predikat treble winners. Kala itu tim asal kota mode ini berhasil memenangkan Serie A, Supercoppa Italiana, dan menghantam Barcelona 4-0 di final European Cup.

2. Barcelona 1999/2000 Centenary Edition
Barcelona

Jersey ini spesial karena dibuat untuk merayakan 100 tahun berdirinya klub Barcelona. Dengan kombinasi warna merah dan biru yang menjadi warna kebanggaan mereka, namun dibuat dengan desain yang agak berbeda dari biasanya dan tulisan 1899-1999 di bagian depan, kesan istimewa pun terasa.

Beberapa pemain top kala itu yang berkesempatan memakai jersey spesial ini adalah Josep Guardiola, Luis Figo, Kluivert, Ronald De Boer, dan juga dua orang yang masih aktif bermain sampai saat ini, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

3. Real Madrid 1997/1998
Real Madrid

Jersey ini dikenakan oleh Real Madrid ketika menang lawan Juventus melalui gol Predrag Mijatovic di final Liga Champions 1998. Itu merupakan pertama kalinya sejak 1966 El Real menjadi juara di kompetisi paling elit di Benua Biru.

Pemain bintang Real Madrid kala itu yang memakainya antara lain adalah Roberto Carlos, Fernando Hierro, Clarence Seedorf, Fernando Redondo, serta Raul Gonzalez. Sedikit warna ungu yang ditambahkan di jersey berwana putih ini pun seakan menjadi simbol dari klub peraih Piala Liga Champions terbanyak tersebut.

4.Manchester United 1998/1999
Manchester United
Di final Liga Champions 1998/1999, dunia menjadi saksi salah satu momen paling hebat dalam sepakbola. Waktu itu, Manchester United secara dramatis memenangkan Liga Champions usai mengalahkan tim raksasa Bundesliga, Bayern Munich 2 – 1 di Camp Nou.

Kebobolan sejak menit 6 oleh gol Mario Basler, The Red Devils akhirnya berpesta di akhir laga berkat gol-gol pembalik keadaan Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer pada masa injury time yang semuanya berawal dari sepak pojok David Beckham. Di musim itu Manchester itu juga menjadi tim pertama yang sukses meraih predikat treble winners usai memastikan diri menjuarai Premier League dan Piala FA.

5. Argentina Piala Dunia 1986
Argentina

Setelah daftar sebelumnya adalah jersey-jersey di level klub, kali ini adalah jersey tim nasional. Ini merupakan jersey yang dipakai oleh tim nasional Argentina di Piala Dunia 1986. Diego Maradona menjadi sosok sentral keberhasilan La Albiceleste, dengan seragam putih-biru langit kebesarannya, menjadi sosok yang paling banyak dibicarkan publik dunia.

Ketika itu, Argentina berhasil mengatasi rintangan yang diberikan oleh kesebelasan Korea Selatan, Italia, Bulgaria, Uruguay, Inggris ( ditambah dengan gol Tangan Tuhan serta gol yang dianggap sebagai gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia ), serta timnas Belgia.