Serba Serbi

5 Akademi Sepakbola Terbaik Di Dunia

manchester unitedPembinaan para pemain pemuda klub tentu harus berkembang dan muaranya ialah sampai ke skuat utama. Tak memerlukan banyak dana dan tenaga untuk mendapatkan pemain berkualitas andai sistem ini berjalan dengan baik.

Sebut saja Manchester United yang beberapa tahun belakangan menikmati itu. Mereka memang terkenal akan akademinya yang berkualitas hingga menghasilkan pemain top mulai dari Ryan Giggs, David Beckham, Phil dan Gary Neville hingga kini Marcus Rashford.

Diawali dari MU, inilah 5 akademi sepakbola terbaik di dunia :

5. Manchester United (Liga Inggris)

Banyak dari binaan akademi Setan Merah yang bisa sampai ke skuat utama. Klub ini punya sejarah menghasilkan pemain akademi di dalam skuat dan bertahan selama 80 tahun.

Di antara tim-tim Premier League, produk akademi The Red Devils mengumpulkan total 44.055 menit liga di musim 2016/17. Tak ada yang lebih baik dari mereka. Tottenham Hotspur menyusul di posisi kedua yaitu 21.668 menit.

4. Athletic Club Bilbao (La Liga)

Sepakbola modern kerap bicara soal kemewahan pasar transfer sebagai nilai pasar pemain. Akan tetapi di bagian Utara Spanyol, Athletic Bilbao malah terus berkembang memakai caranya sendiri.

Skuat Bilbao sebagian besar terdiri dari pemain Basque. Jika ditotal, ada 29 nama pemain Bilbao di lima liga besar Eropa dengan 20 di antaranya masih bertahan bersama klub.

3. Olympique Lyonnais (Ligue 1)

Lyon juga gemar memupuk benih-benih yang nantinya bakal menjadi pemain bintang di Ligue 1 Prancis. Dari rentang waktu 2001 sampai 2008, mereka memenangi tujuh liga secara beruntun dan itu adalah gambaran nyata.

Salah satu bukti keberhasilan akademi Lyon ialah Karim Benzema. Sekarang ia menjadi top skorer ketiga di Liga Champions, hanya kalah dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

2. Barcelona (La Liga)

Disebut-sebut memiliki akademi sepakbola terbaik di dunia, pelan-pelan La Masia kehilangan kejayaannya. Akan tetapi mereka masih bisa menghasilkan banuyak sekali pemain bertalenta.

Saat masih dilatih Pep Guardiola pada akhir 2000an dan awal 2010 dimana mereka meraih, Sebagian besar skuat itu berisi para pemain akademi yakni Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Carles Puyol, Sergio Busquets, Victor Valdes dan Pedro Rodriguez.

1. Real Madrid (La Liga)

Semenjak kursi presiden klub dipegang oleh Florentino Perez, Real Madrid selalu memimpin dalam hal rekrutan maupun penjualan pemain untuk skuat inti. Namun beberapa tahun belakangan kebjakan mereka muali berubah. Mereka mulai percaya pada akademinya sendiri.

Secara keseluruhan, 41 didikan akademi Los Blancos kini merumput di lima liga top Eropa, tujuh lebih ketimbang sang rival abadi Barcelona.